Doa Mandi Haid Wanita, Manfaat dan Tata Caranya

loading...
Doa Mandi Haid Wanita, Manfaat dan Tata Caranya
Ketika melaksanakan mandi setelah haid, sebelumnya muslimah terlebih dahulu membaca doa atau niat yang ditujukan kepada Allah sebagai upaya untuk melakukan pensucian dan kebersihan diri. Foto ilustrasi/ist
Doa mandi haid wanita muslimah, penting untuk diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah. Bagaimana lafal doa mandi haid ini? Apa saja manfaatnya bagi kaum muslimah?

Baca juga: Mencapai Derajat Ihsan

Dalam Islam, doa adalah satu hal yang ternyata bukan hanya permintaan manusia, melainkan hal ini diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala kepada hamba-Nya. Allah bahkan menyuruh manusia untuk senantiasa berdoa apapun dan kapanpun, tanpa ada larangan sedikitpun. Untuk itu, perlu mengetahui sedikitnya apa fungsi dari doa itu sendiri.

Begitu juga bagi kaum perempuan yang diberi Allah SWT keistimewaan, yakni mengalami haid atau menstruasi. Siklus bulanan yang dialami setiap wanita ini berlangsung dalam beberapa hari. Nah, usai mengalami haid, maka kaum muslimah diwajibkan untuk melaksanakan mandi haid, agar kondisinya bersih dan suci kembali untuk bisa melaksanakan ibadah kepada Allah Ta'ala.

Ketika melaksanakan mandi setelah haid ini, sebelumnya muslimah terlebih dahulu membaca doa atau niat yang ditujukan kepada Allah sebagai upaya untuk melakukan pensucian dan kebersihan diri. Hal ini juga termasuk sebagai niat mandi haid, yang diucapkan sebelum mandi.



Baca juga: 4 Amalan Pembuka Kunci Pintu Kebaikan

Lafal doa mandi haid tersebut, adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ مِنَ اْلِجنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

“Bismillahi rahmani rahim

Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbar minal haidi fardlon lillahi ta’alaa”.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala”

Baca juga: Satu Tetes Ghislin Jatuh Ke Bumi, Hancurlah Kehidupan Dunia

Doa di atas adalah ucapan yang cukup mudah dan sederhana. Namun, jika kita bisa menghayati doa tersebut, maka kita akan mendapatkan manfaatnya yang bernilai ibadah dan menambah keimanan terhadap Allah SWT. Dikutip dari laman dalamislam, berikut manfaat dari doa mandi haid yang bisa didapatkan :

1. Sebagai niat untuk membersihkan diri dan mensucikan diri

Allah sangat menyukai kebersihan, begitu juga menyukai orang-orang yang bersih dan selalu membersihkan diri. Dengan berdoa untuk menghilangkan hadast besar berupa haid kita sekaligus memohon untuk digolongkan pada golongan yang senantiasa membersihkan diri.

Dengan doa saat mandi haid, kita akan mengingat bahwa kita sebagai manusia hanyalah makhluk yang kotor dan hina, andai kata Allah tidak memberikan petunjuk untuk mandi haid sebagai upaya membersihkan diri, betapa banyak kotoran dan najis yang akan melekat pada tubuh kita.

Baca juga: Beredar Seragam Komcad Mirip dengan Loreng TNI

2. Sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah berupa haid bagi wanita
halaman ke-1
cover top ayah
قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَاۤ اَنۡفُسَنَا وَاِنۡ لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَـنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَـنَكُوۡنَنَّ مِنَ الۡخٰسِرِيۡنَ
Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

(QS. Al-A’raf:23)
cover bottom ayah
preload video