Pesan Sholat Umar bin Khattab Menjelang Izrail Menjemputnya

loading...
Pesan Sholat Umar bin Khattab Menjelang Izrail Menjemputnya
Ilustrasi/Ist
MUTIARA-mutiara nasehat yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab sangatlah banyak, di antara mutiara nasehat tersebut adalah tatkala beliau menghadapi sakaratul maut .

Baca juga: Doa Agar Dimudahkan Ketika Sakaratul Maut

Dari Miswar bin Makhramah Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya dia bersama Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkunjung kepada Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu (saat sakit, menjelang wafat), keduanya berkata: ‘Shalat, wahai Amirul Mukminin’, setelah pagi mulai terang.

Ia menjawab:

« نَعَمْ ، وَلاَحَظَّ لِلْإِسْلاَمِ لِمَنْ تَرَكَ الصَّلاَةَ»

‘Ya, dan tidak ada bagian dalam Islam bagi siapa saja yang meninggalkan salat.’

Lalu ia salat, sedangkan luka masih mengeluarkan darah.

Sesungguhnya engkau membaca nasehat Umar Radhiyallahu ‘anhu ini tentang salat di saat menjelang wafatnya dan menghadap alam akhirat, serta akan meninggalkan dunia, agar engkau mengingat wafat imam dan nabinya yang berpesan tentang salat di saat menjelang wafatnya beliau:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: « اَلصَّلاَةَ ، اَلصَّلاَةَ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ » [ أخرجه أحمد والحاكم ]

“(Perhatikan, jagalah) shalat, (perhatikan, jagalah) shalat dan budak budak kalian.’ (HR. Ahmad 12169, Hakim dalam Mustadrak 4388).
halaman ke-1
cover top ayah
وَالَّتِىۡۤ اَحۡصَنَتۡ فَرۡجَهَا فَـنَفَخۡنَا فِيۡهَا مِنۡ رُّوۡحِنَا وَ جَعَلۡنٰهَا وَابۡنَهَاۤ اٰيَةً لِّـلۡعٰلَمِيۡنَ‏
Dan ingatlah kisah Maryam yang memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan (roh) dari Kami ke dalam tubuhnya, Kami jadikan dia dan anaknya sebagai tanda kebesaran Allah bagi seluruh alam.

(QS. Al-Anbiya:91)
cover bottom ayah
preload video