Waktu Begitu Cepat Berlalu, Kiamat Sudah Dekat?

loading...
Waktu Begitu Cepat Berlalu, Kiamat Sudah Dekat?
Ilustrasi/Ist
Ya, waktu begitu cepat berlalu. Rasanya baru kemarin tahun 2019, bangsa ini menggelar pemilian umum. Kini sudah tahun 2021. Publik sudah berbicara tentang pergantian presiden 2024.

Pergantian bulan juga terasa begitu cepat. Peralihan dari Mei ke Juni sangat tak terasa. Apalagi pergantian hari ke hari. Satu hari terasa seperti satu jam. Matahari seakan lari lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: Begini Gambaran Dekatnya Hari Kiamat

Ada yang mengatakan kemajuan teknologi dan informasi merupakan penyebab pergantian waktu terasa begitu cepatnya. Sekarang, antarsatu negara dengan negara lainya sudah tidak ada lagi batasnya. Amerika yang jarak georafisnya begitu jauh dengan Indonesia dapat ditempuh dalam beberapa jam saja. Begitu pula komunikasi antarnegara, kita bisa berbicara dengan orang yang berada di daerah lain tanpa harus berkunjung bertamu ke rumahnya. Semua ini berkat kemajuan teknologi, alat komunikasi, dan transformasi.

Sejumlah hadis menjelaskan bahwa fenomena seperti ini termasuk di antara tanda-tanda kiamat. Di antara hadis tersebut adalah riwayat Abu Hurairah yang mendengar Nabi SAW berkata:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى… يَتَقَارَبَ الزَّمَانُ.

‘Tidak akan tiba hari Kiamat hingga… zaman berdekatan.’” (Shahiihul Bukhari, kitab al-Fitan (XIII/81-82, al-Fath).

Dan diriwayatkan dari beliau Radhiyallahu anhu, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَقَارَبَ الزَّمَانُ فَتَكُونَ السَّنَةُ كَالشَّهْرِ، وَيَكُونَ الشَّهْرُ كَالْجُمُعَةِ، وَتَكُونَ الْجُمُعَةُ كَالْيَوْمِ، وَيَكُونَ الْيَوْمُ كَالسَّاعَةِ، وَتَكُونَ السَّاعَةُ كَاحْتِرَاقِ السَّعَفَةِ.

“Tidak akan tiba hari Kiamat hingga zaman berdekatan, setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan sehari, sehari bagaikan sejam dan sejam bagaikan terbakarnya pelepah pohon kurma.” (Musnad Ahmad, diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dari Anas)
halaman ke-1
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا
Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya,

(QS. Al-Ahzab:41)
cover bottom ayah
preload video