8 Amalan Sunnah di Hari Jumat Bertabur Pahala Besar

loading...
8 Amalan Sunnah di Hari Jumat Bertabur Pahala Besar
Jumat merupakan hari raya bagi umat Islam karena di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan limpahan pahala besar. Foto Masjid Nabawi Madinah/Ist
Salah satu keutamaan hari Jumat dapat kita ketahui dari Hadis berikut, Nabi shallalallhu 'alaihi wasallam bersabda: "Hari terbaik saat matahari terbit adalah Jumat. Di atasnya Adam diciptakan dan di dimasukkan ke surga. Pada hari Jumat juga, Adam diusir dari Surga Firdaus. Dan Hari Kebangkitan (Kiamat) tidak akan terjadi pada hari selain Jumat." (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: "Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang di antara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi." (HR Muslim)

Baca Juga: 5 Keistimewaan Hari Jumat dan Amalan yang Dianjurkan

Allah menjadikan Jumat sebagai hari raya bagi umat Islam karena di dalamnya banyak keutamaan dan limpahan pahala besar. Berikut 8 amalan sunnah di Hari Jumat bersumber dari Hadis Nabi:

1. Membaca Surah Al-Kahfi dan Mentadaburinya
Setiap muslim diperintahkan membaca Surah Al-Kahfi pada malam dan hari Jumat. Dalam hadits dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu disebutkan:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

"Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (HR. Ad-Darimi)

Di riwayat lain, "Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR. Al-Baihaqi)

2. Membaca Surah As-Sajdah dan Surah Al-InsanSaat Sholat Subuh Hari Jumat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ ( هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا)
halaman ke-1
cover top ayah
وَالَّتِىۡۤ اَحۡصَنَتۡ فَرۡجَهَا فَـنَفَخۡنَا فِيۡهَا مِنۡ رُّوۡحِنَا وَ جَعَلۡنٰهَا وَابۡنَهَاۤ اٰيَةً لِّـلۡعٰلَمِيۡنَ‏
Dan ingatlah kisah Maryam yang memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan (roh) dari Kami ke dalam tubuhnya, Kami jadikan dia dan anaknya sebagai tanda kebesaran Allah bagi seluruh alam.

(QS. Al-Anbiya:91)
cover bottom ayah
preload video