5 Keistimewaan Hari Jumat dan Amalan yang Dianjurkan

loading...
5 Keistimewaan Hari Jumat dan Amalan yang Dianjurkan
Pemandangan Masjid Nabawi Madinah sebelum pandemi. Masjid ini dapat menampung ratusan ribu jamaah ketika Salat Jumat maupun salat lainnya. Foto/Ist
Yaumul Jumu'ah (Hari Jumat) adalah penghulu dari semua hari atau disebut Sayyidul Ayyam. Allah menjadikan Jumat sebagai hari raya bagi umat Islam dalam sepekan karena di dalamnya banyak keutamaan dan keberkahan.

Allah mengkhususkan hari Jumat karena banyaknya peristiwa agung terjadi pada hari itu. Ada lima keutamaan Hari Jumat sebagaimana diterangkan Ustaz Farid Nu'man Hasan.

Baca Juga: Shalat Jumat di Pelataran Rumah Dekat Masjid, Bolehkah?

Pada Hari Jumat terdapat lima hal istimewa sebagaimana hadis berikut:

عَنْ أَبِي لُبَابَةَ بْنِ عَبْدِ الْمُنْذِرِ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الْأَيَّامِ وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَهُوَ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ يَوْمِ الْأَضْحَى وَيَوْمِ الْفِطْرِ فِيهِ خَمْسُ خِلَالٍ خَلَقَ اللَّهُ فِيهِ آدَمَ وَأَهْبَطَ اللَّهُ فِيهِ آدَمَ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيهِ تَوَفَّى اللَّهُ آدَمَ وَفِيهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا الْعَبْدُ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ حَرَامًا وَفِيهِ تَقُومُ السَّاعَةُ مَا مِنْ مَلَكٍ مُقَرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيَاحٍ وَلَا جِبَالٍ وَلَا بَحْرٍ إِلَّا وَهُنَّ يُشْفِقْنَ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Dari Abu Lubabah bin Abdil Mundzir, dia berkata: Bersabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam : "Sesungguhnya hari Jum’at adalah Sayyidul Ayyam (pimpinan hari-hari), keagungannya ada pada sisi Allah, dan dia lebih agung di sisi Allah dibanding hari Idul Adha dan Idul Fitri. Padanya ada lima hal istimewa: (1) Pada hari itu Allah menciptakan Adam, (2) Pada hari itu Allah menurunkan Adam ke bumi; (3) Pada hari itu Allah mewafatkan Adam; (4) Pada hari itu ada waktu yang tidaklah seorang hamba berdoa kepada Allah melainkan akan dikabulkan selama tidak meminta yang haram, dan (5) Pada hari itu terjadinya kiamat. Tidaklah Malaikat muqarrabin, langit, bumi, angin, gunung, dan lautan, melainkan mereka ketakutan pada hari Jumat." (HR Ibnu Majah, Ahmad, Ath Thabarani dalam Al Mu'jam Al Kabir, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf, Al Bazzar)

Keistimewaan lainnya adalah dibebaskan dari fitnah kubur bagi yang wafat pada malam Jumat dan hari Jumat. Dari Abdullah bin Amr, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلَّا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ

"Tidaklah seorang muslim yang wafat pada hari Jum’at atau malam Jum’at, melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah kubur. (HR At Tirmidzi, Ahmad, Ath Thahawi dalam Syarh Musykilul Aatsar No. 277)

5 Amalan yang Dianjurkan
halaman ke-1
cover top ayah
فَلَمَّا نَسُوۡا مَا ذُكِّرُوۡا بِهٖ فَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ اَبۡوَابَ كُلِّ شَىۡءٍ ؕ حَتّٰٓى اِذَا فَرِحُوۡا بِمَاۤ اُوۡتُوۡۤا اَخَذۡنٰهُمۡ بَغۡتَةً فَاِذَا هُمۡ مُّبۡلِسُوۡنَ
Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami membukakan semua pintu kesenangan duniawi untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan pemberian itu, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

(QS. Al-An’am:44)
cover bottom ayah
preload video