8 Amalan Sunnah di Hari Jumat Bertabur Pahala Besar

Jum'at, 18 Juni 2021 - 05:00 WIB
loading...
8 Amalan Sunnah di Hari Jumat Bertabur Pahala Besar
Jumat merupakan hari raya bagi umat Islam karena di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan limpahan pahala besar. Foto Masjid Nabawi Madinah/Ist
A A A
Salah satu keutamaan hari Jumat dapat kita ketahui dari Hadis berikut, Nabi shallalallhu 'alaihi wasallam bersabda: "Hari terbaik saat matahari terbit adalah Jumat. Di atasnya Adam diciptakan dan di dimasukkan ke surga. Pada hari Jumat juga, Adam diusir dari Surga Firdaus. Dan Hari Kebangkitan (Kiamat) tidak akan terjadi pada hari selain Jumat." (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: "Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang di antara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi." (HR Muslim)



Allah menjadikan Jumat sebagai hari raya bagi umat Islam karena di dalamnya banyak keutamaan dan limpahan pahala besar. Berikut 8 amalan sunnah di Hari Jumat bersumber dari Hadis Nabi:

1. Membaca Surah Al-Kahfi dan Mentadaburinya
Setiap muslim diperintahkan membaca Surah Al-Kahfi pada malam dan hari Jumat. Dalam hadits dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu 'anhu disebutkan:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

"Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah." (HR. Ad-Darimi)

Di riwayat lain, "Barangsiapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR. Al-Baihaqi)

2. Membaca Surah As-Sajdah dan Surah Al-InsanSaat Sholat Subuh Hari Jumat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقْرَأُ فِى الصُّبْحِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِ (الم تَنْزِيلُ) فِى الرَّكْعَةِ الأُولَى وَفِى الثَّانِيَةِ ( هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ حِينٌ مِنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَذْكُورًا)

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam biasa membaca pada shplat Shubuh pada hari Jum'at "Alam Tanzil...." (Surah As-Sajdah) pada rakaat pertama dan "Hal ataa 'alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro" (Surat Al-Insan) pada rakaat kedua." (HR Muslim No 880)

3. Mandi dan Bersih-bersih pada Hari Jumat
Mandi pada hari Jumat termasuk amalan yang sangat dianjurkan sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah dalam Hadis berikut.

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

"Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi.” (Muttafaqun 'alaih). (HR Al-Bukhari No 877 dan Muslim No 844)

Selain mandi, disunnahkan untuk memotong kuku, memotong rambut, mencukur bulu kemaluan dan bulu ketiak serta bersiwak. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan: "Imam Syafii dan para ulama mazhab Syafi'iyah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan) pada hari Jumat." (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, 1:287)

4. Memperbanyak Sholawat kepada Nabi Muhammad
Dari Abu Umamah Al-Bahily radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari Kiamat nanti." (HR. Al-Baihaqi)

5. Mengeluarkan Infaq dan Sedekah
Keutamaan sedekah dapat menjauhkan seseorang dari azab api neraka dan murkanya Allah. "Dan sedekah pada hari itu (Jumat) lebih mulia dibanding hari-hari selainnya". (HR Ibnu Khuzaimah)

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah (1292-1350) pernah berkata: "Sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya".

6. Sholat Sunnah Qabliyah dan Bakdiyah Zhuhur
Dari 'Aisyah radhiyallahu anha:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَليِّ فِي بَيْتِي قَبْلَ الظُّهْر أَرْبَعاً، ثُمَّ يخْرُجُ فَيُصليِّ بِالنَّاسِ، ثُمَّ يدخُلُ فَيُصَليِّ رَكْعَتَينْ، وَكانَ يُصليِّ بِالنَّاسِ المَغْرِب، ثُمَّ يَدْخُلُ بيتي فَيُصليِّ رَكْعَتْينِ، وَيُصَليِّ بِالنَّاسِ العِشاءَ، وَيدْخُلُ بَيْتي فَيُصليِّ ركْعَتَيْنِ

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan sholat qabliyah Zhuhur empat rakaat di rumahnya. Kemudian beliau keluar, lalu shalat mengimami orang-orang, lalu masuk ke rumahku, kemudian melakukan shalat dua rakaat bakdiyah. Beliau pun melakukan shalat Maghrib mengimami orang-orang, kemudian memasuki rumahku, lalu melakukan sholat dua rakaat. Dan beliau mengerjakan shalat Isya mengimami orang-orang dan masuk ke rumahku, kemudian melakukan shalat dua rakaat. (HR Muslim No. 730)

7. Memperbanyak Berdoa
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan berdoa pada hari Jumat. Beliau bersabda:

فِيهَا سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْألُ اللهَ شَيْئاً ، إِلاَّ أعْطَاهُ إيّاهُ

"Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri sholat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya. Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut." (HR Al-Bukhari No 935 dan Muslim No 852)

kaum salihin berkata: "Sudah sepantasnya seorang muslim berusaha untuk memperbanyak doa di hari Jumat di waktu-waktu yang ada secara umum."

8. Bersegera ke Masjid untuk Menunaikan Sholat Jumat
Orang yang bersegera ke masjid untuk sholat Jumat akan meraih keutamaan besar. Setiap langkahnya menuju masjid mendapat ganjaran puasa dan sholat setahun. Berikut hadisnya:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

"Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan sholat setahun." (HR at-Tirmidzi)

Demikian 8 amalan sunnah di hari Jumat yang dapat kita amalkan. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya untuk kita semua.



Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)