Doa Singkat yang Memiliki Faedah Luar Biasa

Minggu, 27 Juni 2021 - 17:38 WIB
loading...
Doa Singkat yang Memiliki Faedah Luar Biasa
Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun. Foto/Ist
A A A
Salah satu doa singkat yang memiliki faedah (manfaat) besar bagi kehidupan diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau berwaasiat kepada sahabat Mu'adz radhiyallahu 'anhu agar tidak meninggalkan doa ini.

Dalam berbagai kajian, Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun selalu mengingatkan doa pendek ini. Beliau mengimbau umat muslim untuk selalu membaca doa ini karena mengandung banyak kebaikan. Berikut redaksi doanya:

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda pada Mu'adz, "Demi Allah, aku sungguh mencintaimu. Aku wasiatkan padamu, janganlah engkau lupa untuk mengucapkan pada akhir shalat (sebelum salam):

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ


ALLAHUMMA A'INNI 'ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI 'IBADATIK

"Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berzikir/mengingat-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu." (HR Abu Daud dan Ahmad, shahih)

1. Memohon Agar Selalu Berzikir
Kata Habib Quraisy, agama itu dibangun di atas zikir dan rasa syukur. Allah berfirman: "Berzikirlah pada-Ku, niscaya Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah pada-ku, janganlah kalian kufur." (QS Al-Baqarah: 152)

Apa yang dimaksud dengan zikir? Apakah cukup dengan mulut yang komat-kamit? Beliau mengatakan bahwa zikir bukanlah hanya dengan lisan yang komat-kamit. Namun, zikir yang sebenarnya adalah menghadirkan hati disertai ucapan lisan. Dalam zikir kita juga harus meresapi makna nama dan sifat Allah, mengingat perintah dan larangan-Nya, dan mengingat Allah dengan merenungkan kalamullah yaitu Al Qur'an.

2. Meminta Agar Selalu Bersyukur
Lalu apa yang dimaksud dengan syukur? Syukur adalah melaksanakan ketaatan kepada Allah, mendekatkan diri kepada-Nya dengan rasa cinta lahir maupun batin. Sehingga syukur bukanlah hanya di lisan semata, namun haruslah direalisasikan dalam ketaatan dan amal perbuatan.Dalam zikir terdapat makrifah atau keimanan yang hakiki. Sedangkan dalam syukur ada ketaatan kepada-Nya.

3. Memohon Ibadah yang Baik
Permohonan ketiga dalam doa di atas adalah meminta agar Allah memperbagus ibadah kita kepada-Nya. Ibadah yang sempurna akan mendatangkan ridho Allah. Itu sebabnya Allah memerintahkan manusia untuk beribadah ketika di dunia. Sebagaimana firman-Nya. "Tidaklah Aku menciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah (menyembah) pada-Ku".

Demikian doa singkat yang diwasiatkan Rasulullah SAW agar kita bisa melazimkannya baik ketika sholat maupun pada kesempatn lain. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)