Gus Baha Jelaskan Hukum Berkurban untuk Orangtua yang Meninggal

Rabu, 14 Juli 2021 - 17:17 WIB
loading...
Gus Baha Jelaskan Hukum Berkurban untuk Orangtua yang Meninggal
Ulama ahli tafsir Gus Baha ketika menjelaskan hukum kurban bagi orangtua yang sudah meninggal. Foto/Channel Sirah Ulama
A A A
Dalam satu kajian ilmiah bertema "Berkurban dalam Perspektif Kesehatan", Ulama ahli tafsir Al-Qur'an Gus Baha menerangkan hukum berkurban untuk orangtua yang sudah meninggal.

Ulama bernama asli KH Ahmad Bahauddin Nursalim ini mengatakan, Islam dari dulu membolehkan amal untuk orang lain. Seperti, haji orang tua digantikan oleh anaknya. Berlaku juga Kurban, misal dulu orang tuanya miskin tidak bisa Qurban, sekarang anaknya kaya dan ingin berqurban untuk orang tuanya kira-kira sampai tidak?



Mari simak penjelasan Gus Baha berikut dikutip dari portal Islam iqra.id:

"Kurban satu sapi cukup untuk 7 orang. Jumlah 7 orang bisa keluarga maupun orang yang kita amali. Memang dari dulu Islam itu membolehkan amal untuk orang lain.

Dulu ada orang, "Ya Rasulullah orang tua saya sudah tua, beliau ingin haji. Tapi kalau haji tidak bisa karena sudah tidak bisa berkendara unta."

Rasulullah menjawab, "Ya sudah kamu saja yang haji sebagai ganti bapak kamu."

Mulai dari dulu Islam memang ada beberapa hal yang amal itu bisa diamali untuk orang lain. Kurban juga begitu. Biasanya anak-anak yang sholeh itu merasa dulu bapak kami miskin tidak mampu kurban, tidak mampu aqiqah. Terus biasanya si anak melakukan itu untuk bapaknya.

Memang jadi perdebatan ulama, "Apakah mayit ini mendapatkan pahalanya tidak?" Jawabannya begini, kalau mayit itu orang sholeh dapat. Tapi kalau tidak sholeh kemungkinan dapat kecil.

Misalnya ada mayit ketika zaman hidup, anti pati ngamal. "Kok enak uangku yang hilang, orang lain nyate". Dia mentalnya mental kikir. Terus mental seperti itu dibawa mati.

Kemudian si anak sholeh berkurban untuk bapaknya. Lah yang seperti ini ada potensi tidak sampai, karena dia tidak punya niat. Itu beda dengan orang yang zaman hidup memang ingin kurban tapi tidak mampu.

Maka, inilah pentingnya innamal a’malu binniyat itu di situ. Amal itu terserah niat. Dalam banyak syarah, dijelaskan kenapa orang mukmin masuk surga selama-lamanya padahal dia jadi mukmin hanya 80 tahun. Kan kita rata-rata hidup di dunia sekitar 80 tahun.

Karena dia berkomitmen, andaikan hidup 1000 tahun ya tetap mukmin. Andaikan hidup 1000 tahun ya tetap mukmin tetap shalat.

Setiap orang sholeh perasaannya sama, andakan kita hidup 2000 tahun ya tetap seperti ini kan? Tetap shalat dan lain-lain. Sehingga karena niat itu, dia diganjar surga selamanya, karena dia membayangkan andaikan hidup di dunia selamanya akan tetap iman.

Orang kafir juga berkomitmen begitu. Kalau dia hidup ya akan kafir terus. Makanya, kekafirannya, 80 tahun misalnya, mendapat hukuman di neraka juga lama sekali. Kira-kira seperti itu.

Makanya, kalau mayit yang tidak sholeh ini, kita para ulama berdebat karena tadi. Ibarat begini, ada mayit tidak pernah shalat, bahkan dulu mengkritik orang shalat. Terus mati, anaknya jadi orang sholeh.

Anak itu terus tanya kepada saya, "Gus, bapakku aku qodhoi tidak?" Bapak anak ini tidak shalat, meng-qodhoi ya tidak kuat kan?

Beda misalnya dengan kita punya bapak orang yang sholeh. Koma dua hari kan kita hanya meng-qodho’ dua hari. Lah ini orang tidak shalat dari kecil sampai tua sampai mati, anaknya sholeh kan tersiksa.

"Sholatnya saya qodhoi tidak?" "Lah bapakmu sholat tidak?"

"Mboten (tidak)."
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3618 seconds (0.1#10.140)