Doa Singkat Ini Bisa Diamalkan di Masa Pandemi, Berikut Faedahnya

Sabtu, 24 Juli 2021 - 05:00 WIB
loading...
Doa Singkat Ini Bisa Diamalkan di Masa Pandemi, Berikut Faedahnya
Doa adalah senjata kaum mukmin dan intisari dari ibadah. Foto/dok SINDOnews
A A A
Doa adalah sumber kekuatan bagi orang beriman. Ada satu doa singkat memiliki faedah agung yang bisa kita amalkan di masa pandemi ini.

Doa ini disebut di dalam Kitab Riyadhus Shalihin yang bersumber dari Hadis riwayat Imam At-Tirmidzi dan Abu Dawud. Redaksinya memang pendek, namun kandungannya luar biasa karena mencakup segala kebaikan dan perlindungan dari segala keburukan.



Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan kalimat 'Afiyah dalam doa ini. Beliau meminta kepada Allah berupa 'Afiyah di dunia dan akhirat.

'Afiyah merupakan hal yang tidak ada bandingannya. Barangsiapa yang diberikan 'Afiyah di dunia dan akhirat maka sungguh telah disempurkan kebaikan dalam jumlah yang besar padanya.

Diceritakan, Al-Abbas (paman Nabi) pernah bertanya: "Wahai Rasulullah, ajarkanlah sesuatu padaku yang dengannya aku berdoa kepada Allah? Nabi Sallam menjawab: "Mintalah (berdoalah) kepada Allah mintalah 'Afiyah".

Kemudian Al-Abbas tidak bertemu beliau selama beberapa hari lalu datang lagi menemui Nabi dan bertanya: "Wahai Rasulullah, ajarkanlah sesuatu padaku yang dengannya aku berdoa kepada Allah 'Azza wa Jalla?" Lalu beliau menjawab: "Wahai Paman Rasulullah, berdoalah kepada Allah mintalah 'Afiyah pada urusan dunia dan akhirat.

Berikut Doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى دِينِى وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahumma innii As Alukal 'Afwa wal 'Aafiyah Fii Diini wad Dun-Yaa wal Akhirah.

Artinya:
Yaa Allah aku memohon kepada-Mu kemaafan dan 'Afiyah dalam urusan agamaku, duniaku dan akhiratku.

Banyak beranggapan doa ini pendek, mari perhatikan kandungannya. 'Afiyah artinya menyelamatkan diri dari semua kesusahan yang menimpa.

Untuk menjadi sehat, kita perlu berada di dalam 'Afiyah. Untuk mempunyai uang yang cukup, kita harus berada di dalam 'Afiyah. Untuk terus hidup sejahtera, kita harus berada di dalam 'Afiyah.

Agar anak-anak dilindungi, kita perlu berada di dalam 'Afiyah. Dan jika kita sudah diampuni dan tidak dihukum, kita berada dalam 'Afiyah.

Jadi, hakikatnya 'Afiyah itu sama dengan memohon: "Ya Allah, lindungilah aku dari segala kesakitan, kesusahan dan penderitaan baik di dunia maupun di akhirat."

Sayyidina Abbas berfikir tentang ini dan kemudian datang kembali kepada Nabi lalu berkata: "Ya Rasulullah, doa ini sepertinya sedikit pendek. Saya minta sesuatu yang lebih panjang."

Nabi berkata: "Wahai pamanku yang dikasihi, mohonlah kepada Allah untuk 'Afiyah, maka tidak ada pemberian yang lebih baik daripada 'Afiyah. Ia adalah satu doa yang mudah namun terbaik.

Setiap doa yang kita panjatkan seperti memohon keselamatan, dijauhkan dari kesusahan, kesulitan, kesedihan, bahaya (musibah). Semua itu masuk di dalam doa "Allahumma Inni As Alukal 'Aafiyah". Semoga kita dapat mengamalkan doa ini baik dalam sholat maupun di luar sholat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)