9 Keutamaan Berzikir Jahr Secara Beramai-ramai, Yuk Amalkan

Jum'at, 30 Juli 2021 - 15:41 WIB
loading...
A A A
6. Disebut-sebut oleh Allah
Dari Abdullah bin az-Zubair, ia berkata: Rasulullah SAW apabila telah salam dari shalat, ia mengucapkan dengan suara yang tinggi. Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Allah berfirman: "Aku menurut prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Aku bersamanya ketika ia berzikir mengingat Aku. Jika ia berzikir sendirian, maka Aku menyebutnya di dalam diriku. Jika ia berzikir bersama kelompok orang banyak, maka aku menyebutnya dalam kelompok yang lebih baik dari kelompok mereka. Jika ia mendekat satu jengkal kepadaku, maka Aku mendekat satu hasta kepdanya. Jika ia mendekat satu hasta, maka Aku mendekat satu lengan kepadanya. Jika ia datang berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari". (HR Al-Bukhari dan Muslim).

7. Dilimpahi Ketenangan dan Rahmat Allah
"Tidaklah sekelompok orang berzikir mengingat Allah, melainkan para Malaikat mengelilingi mereka, mereka diliputi rahmat Allah, turun ketenangan kepada mereka dan mereka dibanggakan Allah kepada para malaikat yang ada di sisi-Nya. (HR Imam at-Tirmidzi).

8. Diampuni Dosa-dosa
Dari Anas bin Malik, dari Rasulullah SAW bersabda: "Sekelompok orang berkumpul berzikir mengingat Allah, tidak mengharapkan kecuali keagungan Allah, maka ada Malaikat dari langit yang memanggil mereka: "Berdirilah kamu, dosa-dosa kamu telah diganti dengan kebaikan." (HR Imam Ahmad bin Hanbal dalam Kitab al-Musnad)

9. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya
Dari Anas, dari Rasulullah SAW bersabda: "Aku berzikir mengingat Allah bersama orang banyak setelah shalat Shubuh hingga terbit matahari lebih aku sukai daripada terbitnya matahari. Aku berzikir bersama orang banyak setelah shalat Ashar hingga tenggelam matahari lebih aku sukai daripada dunia dan seisinya." (Imam as-Suyuthi dalam Kitab al-Jami' ash-Shaghir dengan tanda: Hadits Hasan).

Sesungguhnya mengeraskan suara ketika berzikir setelah selesai sholat fardhu sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Ibnu Abbas berkata: "Aku tahu bahwa mereka telah selesai sholat ketika aku mendengarnya (zikir dengan suara jahr)". (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)