Tadabur Ar-Rahman Ayat 20-23: Mutiara dan Marjan yang Menakjubkan

loading...
Tadabur Ar-Rahman Ayat 20-23: Mutiara dan Marjan yang Menakjubkan
Marjan adalah makhluk Allah yang menakjubkan. Ia hidup di lautan yang dalam dan menempel di batu besar atau rumput laut. Foto/dok caramembuataz.blogspot
Ustaz Mukhlis Mukti Al Mughni
Yayasan Pustaka Afaf

Berikut lanjutan tadabur Surah Ar-Rahman yang mengandung hikmah dan pelajaran berharga. Surat Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam Al-Qur'an terdiri atas 78 ayat.

Surat ini bercerita tentang aneka nikmat Allah yang sering terlupakan untuk kita syukuri. Berikut Tadabur Ayat 20-23

Ayat 20:
بَيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لَّا يَبْغِيٰنِۚ

"Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing- masing." (QS Ar-Rahman: 20)

Pesan dan Hikmah
1. Ayat ini memperjelas ayat sebelumnya, betapa dua lautan itu dipisahkan oleh batasan yang mengangumkan. Bahkan ilmuwan menyebutnya batasan genting yang jika dibangun sesuatu padanya maka tidak akan masalah, maka dibangunnlah terusan Suez dan Panama.

2. Kata "Barzakh" atau batas pemisah juga dipakai untuk istilah alam kubur, sebagai batas pemisah antar kehidupan dunia dan ahirat.

Ayat 21:
فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS Ar-Rahman: 21)

Pesan dan Hikmah
1. Allah pun mengingatkan kembali terhadap manusia dan jin tentang nikmat tersebut. (Tidak ada satu nikmatpun yang kami dustakan dari-Mu ya Allah, segala puji bagi-Mu).

Ayat 22:
يَخْرُجُ مِنْهُمَا اللُّؤْلُؤُ وَالْمَرْجَانُۚ

"Dari keduanya keluar mutiara dan marjan." (QS Ar-Rahman: 22)

Pesan dan Hikmah
1. Kembali Allah memaparkan nikmat dari lautan itu yang dekat dengan kehidupan kita, yaitu mutiara dan marjan. Semula mutiara adalah binatang laut yang menakjubkan, binatang ini memiliki anatomi, cara hidup dan karakter yang unik hingga akhirnya membeku dan membentuk mutiara dalam cangkangnya. Iapun menjadi perhiasan yang indah dan berharga.

2. Marjan adalah makhluk Allah yang menakjubkan ia hidup di lautan yang dalam, menempel di batu besar atau rumput laut. Keunikan binatang ini melahirkan janin berbetuk kancing hingga menyatu dengan janin dari marjan lainnya lalu berbentuklah seakan pohon marjan atau batuan marjan. Di samudra kita bisa melihatnya berwarna kuning jeruk, merah bunga sepatu, abu-abu zamrud atau seperti tanah. Ia pun menjadi perhiasan yang indah dan berharga.

Ayat 23:
فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (QS Ar-Rahman: 23)

Pesan dan Hikmah
1. Allah pun mengigatkan kembali terhadap manusia dan jin tentang nikmat tersebut. (Tidak ada satu nikmatpun yang kami dustakan dari-Mu ya Allah, segala puji bagi-Mu).

Wallahu A'lam

Baca Juga: Tadabur Ar-Rahman Ayat 16-19, Dua Lautan Asin dan Tawar Bertemu

Tadabur Ar-Rahman Ayat 20-23: Mutiara dan Marjan yang Menakjubkan

(rhs)
cover top ayah
قُلۡ هُوَ الَّذِىۡۤ اَنۡشَاَكُمۡ وَجَعَلَ لَـكُمُ السَّمۡعَ وَالۡاَبۡصَارَ وَ الۡاَفۡـــِٕدَةَ ‌ ؕ قَلِيۡلًا مَّا تَشۡكُرُوۡنَ
Katakanlah, “Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan pendengaran, penglihatan dan hati nurani bagi kamu. (Tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur.”

(QS. Al-Mulk:23)
cover bottom ayah
preload video