Kutip Kisah Hijrah Nabi Muhammad, Mahfud MD Serukan Kesabaran di Tahun Baru Islam

Senin, 09 Agustus 2021 - 20:51 WIB
loading...
Kutip Kisah Hijrah Nabi Muhammad, Mahfud MD Serukan Kesabaran di Tahun Baru Islam
Menko Polhukam Mahfud MD menyerukan agar Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesabaran. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyerukan agar Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesabaran. Mahfud pun mencontohkan kisah Nabi Muhammad ketika berhijrah dan mendapatkan beragam cobaan.

"Bisa kita ambil dari peristiwa hijrah Nabi, pertama perjuangan itu memerlukan kesabaran. Nabi mau dibunuh, dikejar ke mana-mana, akses ekonominya diputus, perdagangannya diputus, tapi Nabi Muhammad tetap bersabar. Oleh sebab itu, jika saudara mau mengambil hikmah dari 1 Muharram ini mari kita pupuk kesabaran," ujar Mahfud dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Menurut dia, sabar sekurang-kurangnya ada tiga; pertama sabar terhadap musibah, kedua sabar di dalam ketaatan, termasuk disiplin. Kemudian, yang ketiga sabar di dalam berjuang, bersungguh-sungguh, optimis dan tangguh.

Baca juga: Selamat Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah, Berikut Keutamaan Muharram

"Sabar itu bukan hanya berarti pasrah, tapi sikap pantang menyerah, tangguh dan bersungguh-sungguh itu juga sabar," katanya.

Mahfud juga mengutip ayat 249 dari Surat Al-Baqarah, yang mana membahas terkait sabar. "Sekelompok kecil orang bisa mengalahkan orang yang banyak, asal kamu bersabar," kata Mahfud sembari menjabarkan secara detil latar belakang turunnya ayat tersebut.

Baca juga: Sambut Tahun Baru Hijriah, Menag: Perkuat Spirit Hijrah dan Semangat Gotong Royong
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)