Kumpulan Artikel: Kesabaran

  • Cara Bersikap Optimistis saat Terjadi Bencana
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 16:08 WIB
    Tentu apapun jenis bencananya pasti menimbulkan duka bagi kita, mulai dari kehilangan harta hingga jiwa. Namun, sebagai umat muslim kita harus selalu berusaha menumbuhkan sikap positif.
  • Memetik Hikmah dari Kisah Kesabaran Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:47 WIB
    Sabar bagi sebagian orang, awalnya terasa pahit dan akhirnya manis. Berikut sepenggal kisah Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang dapat kita petik hikmah dan pelajaran berharga.
  • 5 Bentuk Ujian Manusia di Dunia, Salah Satunya Kesusahan yang Harus Disabari
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:23 WIB
    Ujian manusia di dunia diberikan lantaran kasih sayang Allah amat besar untuk mengetahui siapa yang imannya benar sehingga layak baginya surga dan siapa yang imannya dusta sehingga layak baginya neraka.
  • Ramadan Bulan Melatih Kesabaran Dalam Menyebarkan Kerahmatan
    Dunia Islam
    Rabu, 19 April 2023 - 14:43 WIB
    Ramadan merupakan bulan suci umat muslim di seluruh dunia. Sebulan penuh berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam sebagai wujud ibadah kepada Allah SWT.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Ankabut Ayat 1-4 dan 8, Ujian Bagi Orang Beriman
    Hikmah
    Rabu, 08 Maret 2023 - 23:03 WIB
    Surat Al-Ankabut adalah surat yang termasuk golongan Makkiyah (diturunkan di Mekkah) terdiri 69 ayat. Berikut Asbabun Nuzul Ayat 1-4 dan Ayat ke-8.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • 16 Kaidah dalam Surat Al-Baqarah Ayat 177, Terakhir Sabar saat Mendapat Cobaan
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 16:04 WIB
    Para ulama menganggap surat Al-Baqarah ayat 177 dalam Al-Quran merupakan ayat yang agung yang mencakup banyak hukum-hukum syariat di dalamnya terkandung 16 kaidah. Apa saja?
  • Ramadhan Melatih Kesabaran, Berikut 3 Tingkatan Sabar
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 15:28 WIB
    Ramadhan dijuluki Syahrus Shobr atau bulan kesabaran. Di bulan inilah setiap muslim diuji, ditempa, dilatih untuk bersabar dalam segal hal. Berikut tiga tingkatan sabar.
  • Belajar dari Kisah Nabi Ayyub, Kesabaran Membuahkan Nikmat Berlipat Ganda
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 20:55 WIB
    Nabi Ayyub alaihissalam merupakan salah satu Nabi yang memiliki kesabaran luar biasa atas cobaan yang menimpanya. Berikut kisahnya diabadikan dalam Al-Quran.
  • Kutip Kisah Hijrah Nabi Muhammad, Mahfud MD Serukan Kesabaran di Tahun Baru Islam
    Dunia Islam
    Senin, 09 Agustus 2021 - 20:51 WIB
    Menko Polhukam Mahfud MD menyerukan agar Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesabaran.
  • Nasehat Ali Bin Abu Thalib dan Kisah dari Al Hasan Al Bashri: Jangan Tergesa-gesa
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juli 2021 - 18:43 WIB
    Janganlah tergesa-gesa, gegabah menyiarkan berita dan menabur benih, karena di belakang kalian bencana yang sangat parah, dan perkara-perkara bagaikan ombak yang dahsyat menghantam
  • Inilah 5 Keutamaan Orang yang Tengah Sakit
    Muslimah
    Rabu, 28 Juli 2021 - 12:57 WIB
    Orang yang sedang sakit, selain mempunyai kenikmatan, juga akan membawa banyak kebaikan kepadanya, jika disikapi dengan bijak . Bahkan orang yang tengah sakit, memperoleh 5 keutamaan.
  • Madrasah Ramadhan sebagai Bulan Kesabaran
    Muslimah
    Minggu, 25 April 2021 - 08:43 WIB
    Sebagai bulan yang istimewa banyak predikat yang disematkan pada bulan Ramadhan, salah satunya adalah Ramadhan sebagai bulan kesabaran. Kenapa disebut bulan kesabaran?
  • Cerita Para Sahabat Tentang Keutamaan Orang Sabar
    Tausyiah
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:35 WIB
    Pengasuh Al-Hawthah Al-Jindaniyah Al-Habib Ahmad Bin Novel Bin Salim Jindan mengungkapkan beberapa cerita dan kalam para Sahabat Nabi tentang keistimewaan sabar.
  • Habib Ahmad Bin Novel: Sabar Lebih Utama daripada Menahan Marah
    Tausyiah
    Jum'at, 09 April 2021 - 15:16 WIB
    Pengasuh Al-Hawthah Al-Jindaniyah Al-Habib Ahmad Bin Novel Bin Salim Jindan mengatakan, bersabar (Al-Hilmu) lebih utama daripada menahan marah. Berikut alasannya.