Pentingnya Kesehatan, Ini Doa Nabi Agar Tetap Diberi Sehat

loading...
Pentingnya Kesehatan, Ini Doa Nabi Agar Tetap Diberi Sehat
Mensyukuri nikmat sehat merupakan kewajiban bagi setiap orang. Agar tetap sehat, umat muslim dianjurkan mengamalkan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Foto/Ist
Di antara nikmat Allah yang sangat berharga bagi manusia adalah kesehatan. Bahkan, kesehatan merupakan nikmat kedua yang wajib disyukuri setelah nikmat iman dan Islam.

Para ulama terdahulu mengatakan bahwa sehat bagi orang bertakwa lebih baik daripada kaya harta. Sebab, banyaknya harta tidak menjamin seseorang bahagia, justru orang yang sehat telah mendapat nikmat yang banyak dari Allah.

Baca Juga: 8 Sunnah Nabi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Dalam satu riwayat, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan sehat badannya, aman pada keluarganya, dia memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya." (HR Ibnu Majah, No 4141)

Hanya saja di antara manusia banyak terlena dengan nikmat yang satu ini. Saat diberi sehat, ia justru lupa untuk taat dan beribadah kepada Rabbnya.

Hal ini sebagaimana disebutkan Rasulullah SAW dalam satu hadisnya: "Dua kenikmatan yang kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang". (HR Al-Bukhari No 5933)

Doa Agar Tetap Diberi Kesehatan
Nabi shallallahu 'alahi wasallam mengajarkan satu doa agar tetap diberi nikmat sehat. Doa ini bisa kita amalkan setiap hari terlebih saat ini dunia sedang mengalami masa pandemi.

Dari Abdullah bin Umar, berkata di antara Doa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma Innii A'uudzu Bika Min Zawaali Ni'matik, Wa Tahawwuli 'Aafiyatik, Wa Fujaa'ati Niqmatik, Wa Jamii'i Sakhothik.

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu. (HR Muslim No 2739)

Demikian doa singkat yang diajarkan Rasulullah SAW kepada kita. Semoga kita termasuk orang-orang yang bersyukur sebelum datangnya waktu sakit. Kita juga berdoa semoga Allah berkenan menjauhkan kita dari musibah bala dan penyakit yang membinasakan. Aamiin.

Baca Juga: Rahasia Hidup Berkah, Ternyata Rasulullah SAW Tidur Sehari 3 Kali
(rhs)
cover top ayah
اِنَّا خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ مِنۡ نُّطۡفَةٍ اَمۡشَاجٍۖ نَّبۡتَلِيۡهِ فَجَعَلۡنٰهُ سَمِيۡعًۢا بَصِيۡرًا
Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

(QS. Al-Insan:2)
cover bottom ayah
preload video