Surat Al-Insyirah: Bersama Kesulitan Ada Kemudahan

Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:29 WIB
loading...
Surat Al-Insyirah: Bersama Kesulitan Ada Kemudahan
Orang yang membaca Al-Insyirah setiap selesai sholat fardhu maka Allah akan memudahkan urusannya dan menghilangkan kesusahannya. Foto/Ist
A A A
Surat Al Insyirah, bersama kesulitan ada kemudahan. Surat ini dikenal sebagai surat penghibur Rasulullah صلى الله عليه وسلم sekaligus menguatkan hati beliau ketika mengemban misi dakwah di Makkah.

Surat Al-Insyirah (الانشراح) merupakan surat ke-94 dalam Al-Qur'an yang artinya 'kelapangan'. Surah ini disebut juga "Surah asy-Sarh" terdiri atas 8 ayat dan masuk golongan surah-surah Makkiyah setelah Surat Ad-Dhuha.

Makna Bersama Kesulitan Ada Kemudahan
Dalam surat ini Allah menceritakan bahwa sesungguhnya sesudah kesulitan pasti ada kemudahan, kemudian berita ini diulangi-Nya lagi (Ayat 5 dan 6). Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Anas bin Malik pernah menceritakan bahwa Rasulullah SAW duduk dan di hadapannya terdapat sebuah batu, maka beliau bersabda: Seandainya kesulitan datang, lalu masuk ke dalam batu ini, niscaya kemudahan akan datang dan masuk ke dalamnya, lalu mengusirnya. Dan Allah menurunkan firman-Nya: "Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (Alam Nasyrah: 5-6)

Al-Hasan mengatakan bahwa suatu hari Nabi keluar dalam keadaan senang dan riang seraya tersenyum, lalu bersabda: "Satu kesulitan tidak akan dapat mengalahkan dua kemudahan, satu kesulitan tidak akan dapat mengalahkan dua kemudahan. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Pertolongan diturunkan dari langit sesuai dengan kadar pembiayaan, dan kesabaran diturunkan sesuai dengan kadar musibah."

Di antara nasihat Imam Syafi'i sebagai berikut:

صَبرا جَميلا مَا أقرَبَ الفَرجا ... مَن رَاقَب اللَّهَ فِي الْأُمُورِ نَجَا ...
مَن صَدَق اللَّهَ لَم يَنَلْه أذَى ... وَمَن رَجَاه يَكون حَيثُ رَجَا ...

"Bersabarlah dengan kesabaran yang baik, maka alangkah dekatnya jalan kemudahan itu. Barang siapa yang merasa dirinya selalu berada dalam pengawasan Allah dalam semua urusan, niscaya ia akan selamat. Dan barang siapa yang membenarkan janji Allah, niscaya tidak akan tertimpa oleh musibah. Dan barang siapa yang berharap kepada Allah, maka akan terjadilah seperti apa yang diharapkan."

Surat Al-Insyirah dan Artinya:

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu (Muhammad)?

وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ

2. Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,

ٱلَّذِىٓ أَنقَضَ ظَهْرَكَ

3. Yang memberatkan punggungmu?

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

5. Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

6. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.

فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ

7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرْغَب

8. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2371 seconds (0.1#10.140)