Membaca Al Fatihah untuk Orang Sakit

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 16:43 WIB
loading...
Membaca Al Fatihah untuk Orang Sakit
foto istimewa
A A A
Membaca Al-Fatihah untuk orang sakit sangat dianjurkan, karena memiliki banyak fadhilah atau keutamaan . Selain itu, surat Al-Fatihah juga dinamakan al-Syifa (obat/penyembuh). Hal ini berdasarkan hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam:

فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ

"Surat al-Fatihah itu merupakan obat segala macam penyakit". (HR. Al-Darimi dan al-Bayhaqi).



Berdasarkan hadis shahih riwayat al-Bukhari dan Muslim, pernah suatu ketika sejumlah rombongan sahabat Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam melakukan perjalanan dan singgah di sebuah kampung.

Saat itu kepala kampungnya menderita sakit karena sengatan ular atau kalajengking. Salah seorang sahabat Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam mendatangi kepala kampung itu kemudian melakukan ruqyah dengan cara meniup dan sedikit meludah ke bagian tubuhnya yang terluka sambil membacakan Surat Al-Fatihah.



Dengan izin Allah, sakit yang diderita kepala kampung itu hilang dan sembuh total. Para sahabat pun mendapatkan hadiahnya. Setelah dikonfirmasikan kepada Nabi Saw, beliau tertawa dan mengatakan:

مَا يُدْرِيكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ

“Bagaimana kamu tahu kalau surat Al-Fatihah itu bisa digunakan untuk melakukan ruqyah?

Selanjutnya Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam mengatakan: “Kalian telah berbuat yang benar. Sekarang bagikanlah hadiahnya dan sebagian berikan untuk saya” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Sa’id al-Khudri).



Maka, saat ini bagi muslimah yang dirinya atau keluarganya sakit bisa diobati atau di ruqyah sendiri dengan Surat Al-Fatihah. Selain Al-Fatihah bisa juga ditambah dengan bacaan ayat kursi, Surat Al-Falaq, Surat An-Nas, dan Surat Al- Ikhlas.

Ruqyah dimulai dengan membaca ayat ruqyah tersebut, kemudian ditiupkan ke telapak tangan. Selanjutnya diusap dari kepala sampai ke kaki. Pengobatan dan mengobati dengan cara membacakan Al-Fatihah juga dilakukan oleh ulama-ulama terdahulu. Karena para ulama sangat tahu keutamaan mengobati dengan Surat Al-Fatihah.

Baca juga: Patut Dicoba, Ini Rekomendasi Perlombaan 17 Agustus secara Daring

Abu Sa’id al-Khudri pernah mengobati kepala kampung dengan cara membaca Surat Al-Fatihah. Yakni sambil meniupkan dan meludah pada bagian tubuh yang sakit tersebut. Lalu di kemudian hari dijadikan acuan ulama dan orang-orang sesudahnya untuk menjadikan surat al-Fatihah sebagai bacaan ruqyah untuk suatu penyembuhan.

Ibn Qayyim al-Jauziyah pernah berkata, “Pada suatu ketika aku pernah berada di Makkah dan jatuh sakit, tetapi aku tidak menemukan seorang dokter dan obat penyembuh. Lalu aku berusaha mengobati dan menyembuhkan diriku dengan surat al-Fatihah. Aku ambil segelas air zam-zam dan membacakan padanya surat al-Fatihah berkali-kali, lalu aku meminumnya hingga aku sembuh total. Selanjutnya aku berpedoman dengan cara tersebut dalam mengobati berbagai penyakit dan aku merasakan manfaat yang sangat besar (dari kitab al-Tibb al-Nabawi).



Setelah badan yang sakit diruqyah, maka insyaallah badan akan menjadi lebih segar. Karena kadang kita tidak sadar bahwa tubuh perlu diobati secara ruhiyah (dengan do'a).

Apalahi jika tubuj telah dimasuki jimat yang bertentangan dengan syariat. Dalam Islam jimat tersebut dikenal dengan "buhul". Semua buhul ini ada setannya. Walaupun itu sebuah kertas, bisa jadi merupakan salah satu objek jimat/ buhul.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)