Syibl al-Madari: Jika Sudah Rezeki Takkan Tertukar

Rabu, 18 Agustus 2021 - 16:53 WIB
loading...
Syibl al-Madari: Jika Sudah Rezeki Takkan Tertukar
Ilustrasi/Ist
A A A
Syibl al-Madari adalah seorang sufi yang berhati lembut dan welas asih. Dia termasuk salah satu dari sekian banyak “Syumuusu ahli al-Masyriq” –Mentari-Mentari Penduduk Timur– yang disebutkan oleh Abu Nua’im al-Asfahani dalam Hilyatul Ailiya’.



Abu Musa Thawil al-Basri pernah bercerita, suatu ketika Syibl al-Madari ingin sekali makan daging. Bergegaslah Syibl al-Madari pulang ke rumahnya dengan membawa daging dengan harapan istrinya memasak daging itu untuknya.

Belum sempat sampai rumah, daging yang Syibl al-Madari bawa tiba-tiba direbut oleh burung rajawali. Syibl al-Madari yang masyhur dengan sifat lemah lembutnya lantas mengikhlaskan daging itu untuk burung rajawali.

Rencana Syibl al-Madari makan daging hari itupun gagal total, ia lebih memilih berpuasa dan berangkat masjid. Sungguh malang nasib Syibl hari itu, namun ia tetap menerimanya dengan tulus ikhlas.

Rajawali yang menggondol daging Syibl al-Madari seolah mendapat rejeki nomplok, namun apa boleh buat, tiba-tiba dari arah yang lain ada burung rajawali lagi yang ingin menyambar dan merebut daging itu dari cengkeraman rajawali pertama. Saling rebutan daging antar kedua rajawali itupun tak terhindarkan, hingga akhirnya daging yang diperebutkan itu jatuh dari keduanya.

Walhasil, daging itu jatuh di hadapan perempuan yang tak lain adalah istri dari Syibl al-Madari. Daging itu jatuh di sekitaran tempat tinggalnya. Akhirnya dimasaklah daging itu oleh istri Syibl.



Pelan namun pasti Syibl al-Madari pulang menuju rumahnya untuk berbuka puasa. Syibl pulang dengan harapan semoga ada makanan yang dihidangkan istrinya untuk berbuka. Sesampainya di rumah Syibl kaget terheran-heran melihat istrinya menghidangkan daging.

“Dari mana engkau mendapatkan daging ini wahai istriku?” tanya Syibl kepada istrinya.

Istrinya pun menceritakan tentang dua rajawali yang rebutan daging dan lantas dagingnya terjatuh, lalu dimasaklah daging itu. Sementara itu, Syibl menceritakan ihwal daging yang hendak dibawanya pulang tiba-tiba digondol rajawali saat perjalanan menuju rumah.

Mendengar cerita itu, lantas Syibl al-Madari menangis sejadi-jadinya serasa berkata: “Segala puji bagi Allah yang tak pernah melupakan Syibl, meskipun Syibl kerap kali melupakan-Nya.”

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3584 seconds (0.1#10.140)