Surat Ar-Rahman Ayat 33: Bukti Kekuasaan Allah Serta Lemahnya Jin dan Manusia

Selasa, 24 Agustus 2021 - 16:21 WIB
loading...
Surat Ar-Rahman Ayat 33: Bukti Kekuasaan Allah Serta Lemahnya Jin dan Manusia
Ilustrasi/Dok, SINDOnews
A A A
Surat Ar Rahman ayat 33 berisi tentang manusia dan jin yang tidak memiliki kekuatan apa pun. Mereka tidak dapat sembunyi maupun lari dari perintah Allah maupun takdir-nya.

Allah SWT berfirman:

{يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالإنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَوَاتِ وَالأرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلا بِسُلْطَانٍ}

Artinya: Hai golongan jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. ( QS Ar-Rahman: 33 ).



Dalam tafsir Ibnu Katsir diterangkan bahwa ayat tersebut menjelaskan bahwa jin dan manusia tidak akan dapat melarikan diri dari perintah Allah dan takdir­-Nya, bahkan Dia meliputi kalian dan kalian tidak akan mampu melepaskan diri dari hukum-Nya, tidak pula membatalkan hukum-Nya terhadap kalian, ke mana pun kalian pergi selalu diliput.

Dan ini menceritakan keadaan di Yaumul Mahsyar (hari manusia dihimpunkan); sedangkan semua malaikat mengawasi semua makhluk sebanyak tujuh saf dari semua penjuru, maka tiada seorang pun yang dapat meloloskan diri,

{إِلا بِسُلْطَانٍ}

kecuali dengan kekuasaan. (Ar-Rahman: 33)

Yaitu dengan perintah dari Allah.

{يَقُولُ الإنْسَانُ يَوْمَئِذٍ أَيْنَ الْمَفَرُّ. كَلا لَا وَزَرَ. إِلَى رَبِّكَ يَوْمَئِذٍ الْمُسْتَقَرُّ}

Pada hari itu manusia berkata, "Ke manakah tempat lari?” Sekali-kali tidak! Tidak ada tempat berlindung! Hanya kepada Tuhanmu sajalah pada hari itu tempat kembali. ( Al-Qiyamah: 10-12 ).



Dalam Tafsir Kemenag, Surat Ar Rahman ayat 33 menjelaskan bahwa Allah menegaskan kepada manusia dan jin tidak akan dapat menghindar dari pertanggung jawaban.

Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus atau melintasi penjuru langit dan bumi untuk menghindari pertanggung jawaban dan balasan yang akan menimpamu, maka keluar dan tembuslah keduanya. Ketauhilah, kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan, sedangkan kamu sama sekali tidak mempunyai kekuatan itu.

Bersyukur
Surat Ar Rahman merupakan surat ke-55 dalam Al-Quran. Ar Rahman artinya "Yang Maha Pemurah". Surat ini termasuk surah Makkiyyah.

Surat Ar Rahman mengajarkan kepada manusia dan jin untuk pandai-pandai bersyukur atas nikmat Allah.

Ar Rahman adalah salah satu sifat Allah yang artinya Maha Pemurah. Nama Ar Rahman diambil dari ayat pertama surat ini. Ia juga dinamakan Aruusul Qur’an (pengantin Al Qur’an).

Ada tiga penafsiran terkait Surat Ar Rahman ayat 33, yakni tentang ketidakmampuan manusia lari dari kekuasaan Allah, ketidakmampuan manusia menghindari dari pertanggungjawaban di akhirat nanti dan kebebasan dari Allah untuk menjelajah ruang angkasa.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)