Kumpulan Artikel: Tafsir Ibnu Katsir

  • Israiliyyat yang Disampaikan Ibnu Katsir tentang Kisah Sapi Betina
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 06:00 WIB
    Ibnu Katsir menjelaskan bahwa riwayat dari Qatadah merupakan riwayat israiliyat yang dikategorikan dapat dinukil namun tidak boleh dibenarkan dan tidak boleh didustakan.
  • Kisah Israiliyyat: Allah Mengambil Tulang Iga Adam untuk Menciptakan Hawa
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 05:30 WIB
    Berdasarkan keterangan dari ahli kitab dari kalangan ahlul ilmi dari Abdullah bin Abbas bahwa di saat Adam tertidur Allah mengambil tulang iganya sebelah kiri kemudian menciptakan Hawa.
  • Kisah Israiliyyat pada Tafsir Ibnu Katsir Surat al-Baqarah Ayat 30
    Tausyiah
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:12 WIB
    Ada malaikat yang bernama As-Sijl setiap hari tiga kali melihat ummul kitab, tiba tiba ia melihat sesuatu yang tidak pernah dia lihat sebelumnya yaitu penciptaan Adam.
  • Ini Mengapa Ibnu Katsir Memasukkan Kisah-Kisah Israiliyyat dalam Tafsirnya
    Hikmah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 15:20 WIB
    Ibnu Katsir tidak sekadar memasukkan riwayat-riwayat tersebut tanpa seleksi terlebih dahulu. Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir melakukan penilaian kritis terhadap sebagian besar riwayat Israiliyyat yang ada.
  • Makna Al-Falaq: Sebuah Sumur dalam Neraka Jahanam?
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:31 WIB
    Makna al-falaq dalam Surat Al-Falaq ayat 1 ada yang menafsirkan bahwa al-Falaq adalah sebuah sumur di dalam neraka Jahanam yang mempunyai penutup.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Makna Lahiriah Surah An-Nas Ayat 5, Apakah Itu Khusus untuk Bani Adam Saja?
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 11:00 WIB
    Terkait isi al-Quran surah An-Nas ayat 5, muncul pertanyaan apakah makna ayat ini khusus menyangkut Bani Adam saja sebagaimana yang ditunjukkan oleh makna lahiriah ayat?
  • Begini Makna Setan yang Biasa Bersembunyi dalam Surat An-Nas Ayat 4
    Tausyiah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 09:59 WIB
    Said ibnu Jubair telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman Allah SWT dalam al-Quran surah An-Nas ayat 4 tentang setan yang biasa bersembunyi.
  • Jangan Katakan Celakalah Setan agar Penggoda Itu Tidak Semakin Membesar
    Hikmah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 13:16 WIB
    Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadis yang berisi cara mengalahkan setan sesuai sunah Nabi Muhammad SAW. Janganlah engkau katakan, celakalah setan.
  • 5 Keutamaan Ayat Seribu Dinar, Allah Beri Jalan Keluar dari Setiap Masalah
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 18:44 WIB
    Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya, menyimpulkan tentang kandungan dan isi dari beberapa surat ath-Thalaq atau dikenal sebagai ayat seribu dinar.
  • Kisah Bani Umayyah dalam Tafsir Surat Al-Qadar
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 06:40 WIB
    Kisah Bani Umayyah dalam tafsir Surat Al-Qadar didasarkan pada sebuah hadis. Disebutkan bahwa pemerintahan Bani Umayyah adalah seribu bulan, tidak lebih dan tidak kurang barang sehari pun. Benarkah begitu?
  • Hadis yang Membahas Isra Miraj, Diriwayatkan Imam Ahmad
    Hikmah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 14:33 WIB
    Hadis yang membahas Isra Miraj disampaikan Ibnu Katsir saat menafsirkan Al-Quran surat al-Isra ayat 1. Hadis tersebut antara lain yang diriwayatkan Imam Ahmad dari dari Anas ibnu Malik.
  • Tafsir Surat Al-Hujarat Ayat 13 yang Dibaca Ghanim Al-Muftah pada Pembukaan Piala Dunia 2022
    Tausyiah
    Selasa, 22 November 2022 - 05:15 WIB
    Ghanim Al-Muftah tampil melantunkan ayat suci Al-Quran Surat Al-Hujurat ayat 13 pada Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. Mengapa mesti ayat itu yang dibaca?
  • Kisah Kaum Kafir Berbantah-bantahan dan Saling Menyalahkan di Neraka
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 14:07 WIB
    Upaya kaum musyrik agar mendapat ampunan dari Allah SWT dilakukan saat mereka disiksa di neraka. Ibnu Katsir menggambarkan bagaimana sesama mereka berbantah-bantahan tatkala mereka berada di neraka.
  • Nabi Muhammad SAW Belajar Al-Quran dari Orang Nasrani? Begini Bantahan Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:36 WIB
    Kaum musyrik menuduh Nabi Muhammad menyampaikan dalil-dalil dalam Al-Quran kepada mereka, setelah beliau belajar dari orang lain.Menunjuk menunjuk guru Nabi SAW itu adalah seorang lelaki Nasrani.
  • Saat Kiamat Gelap Gulita, Allah Taala Membagi Cahaya dan Menipu Orang Munafik
    Tausyiah
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 13:17 WIB
    Banyak hal yang mengerikan bakal terjadi saat hari kiamat nanti. Pada saat gelap gulita, orang-orang beriman mendapat cahaya dari Allah SWT, di sisi lain Allah menipu orang-orang munafik
  • Kumpulan Makhluk Mengerikan yang Keluar ketika Hari Kiamat Tiba
    Hikmah
    Selasa, 25 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Kumpulan makhluk mengerikan yang keluar ketika hari kiamat tiba antara lain adalah sejenis binatang melata. Binatang ini keluar dari bumi. Makhluk tersebut termasuk makhluk metafisik.
  • Kesaksian Maurice Bucaille dan Tafsir Surat Yunus Ayat 92 tentang Jasad Firaun
    Hikmah
    Senin, 24 Oktober 2022 - 08:28 WIB
    Setelah mati tenggelam di laut bersama 100.000 orang pasukannya, jasad Firaun terselamatkan, yakni terlempar ke darat. Hal ini menjadi bukti kepada Bani Israil bahwa Firaun benar-benar sudah mati.
  • Perjalanan Hidup Nabi Samuel Menurut Islam
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 19:49 WIB
    Perjalanan hidup Nabi Samuel menurut Islam bisa disimak dalam Tafsir Surat Al-Baqarah, ayat 246. Pendapat demikian disampaikan Mujahid dan Muhammad ibnu Ishaq. Berikut kisahnya.
  • Hari Raya Yahudi Awalnya Jumat, Mereka Mengubah Menjadi Sabtu
    Hikmah
    Sabtu, 24 September 2022 - 13:13 WIB
    Pada mulanya, hari beribadah dan hari raya umat Yahudi adalah hari Jumat. Mereka mengubahnya menjadi Sabtu. Pada hari itulah Allah menguji mereka.
  • Begini Nasib Bani Israil yang Dikutuk Allah Taala Jadi Kera dan Babi
    Hikmah
    Jum'at, 23 September 2022 - 14:40 WIB
    Nasib Bani Israil yang dikutuk Allah SWT menjadi kera dan babi sungguh tragis. Mereka tidak doyan makan dan minum. Tiga hari kemudian mereka mati.