3 Penyakit Manusia dan Cara Mengobatinya Kata Rasulullah

Senin, 06 September 2021 - 21:11 WIB
loading...
A A A
Adapun obat dari penyakit ini adalah memperbanyak istighfar dan bertaubat dengan sebenar-benar taubat. Salah satu keutamaan Istighfar adalah menggugurkan dosa. Setiap dosa meninggalkan noda hitam pada hati dan noda hitam itu bisa lenyap dengan istighfar.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR Abu Daud No 1520 dan Ibnu Majah No 3951)

3. Prasangka
Penyakit yang satu ini sering menjangkiti hati manusia. Jika prasangka ini dibiarkan akan membawa dampak negatif bagi pelakunya dan juga orang lain. Misalnya, seorang yang tiba-tiba rajin beribadah ke masjid dengan istiqomah, tiba-tiba muncul prasangka: "Palingan dia sedang mengincar posisi BKM, atau prasangka lain-lain."

Ini penyakit hati yang harus dihindari. Baginda Rasulullah SAW mengatakan obat dari penyakit ini adalah memperbanyak zikir atau diam. Diam adalah maqom (tingkatan) pengetahuan tertinggi. Salah satu keutamaan diam disebutkan dalam hadis berikut: "Diam itu adalah akhlak yang paling utama. Diam itu mengandung hikmah yang banyak, tetapi sedikit orang yang melakukannya." (HR. Dailami dari Ibnu ‘Umar)

Itulah tiga penyakit berbahaya bagi manusia yang wajib dijauhi. Semoga Allah memberi taufik-Nya agar kita dipelihara dari penyakit-penyakit tersebut.

Wallohu A'lam Bisshawab

Baca Juga: 5 Obat Hati yang Jarang Diketahui Manusia
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)