Kisah Sufi

Bergantung Kepada-Nya: Kisah Ember dan Tali Seorang Sufi Bernama Khafif

loading...
Bergantung Kepada-Nya: Kisah Ember dan Tali Seorang Sufi Bernama Khafif
Sufi itu berkata: Tuhan telah menguji kebergantunganmu kepadaNya. (Ilustrasi/Ist)
Suatu saat, seorang sufi bernama Khafif pergi menunaikan haji dengan hanya membawa sebuah ember dan seutas tali untuk menimba air minumnya. Di tengah perjalanan, ia melihat beberapa ekor kijang sedang berdiri di tepian sumur, sedang meminum air dari sumur itu. Ketika Khafif mendekati sumur, kijang-kijang itu pun berlari menjauh dan permukaan air sumur mendadak turun.

Baca juga: Kisah Imam Junaid dan Pengemis, Pelajaran Bagi yang Suka Ghibah

Sekuat apa pun Khafif berusaha, ia tak juga dapat menimba air sumur itu. Ia berdoa kepada Tuhan untuk menaikkan kembali permukaan air sumur itu seperti yang telah Tuhan lakukan untuk para kijang.

Lalu Suara Yang Agung menjawab, Kami tak dapat mengabulkan doamu; karena kau lebih bergantung kepada ember dan talimu daripada kepada Kami. Ketika itu juga, Khafif menyingkirkan ember dan tali yang dibawanya dan permukaan air sumur pun langsung naik kembali. Segera Khafif menghapus rasa dahaganya.

Sepulang dari haji, Khafif menceritakan pengalamannya kepada Junaid Al-Baghdadi . Junaid berkata, "Tuhan telah menguji kebergantunganmu kepadaNya. Jika saja kau menunggu sedikit lagi, air sumur itu akan meluap ke luar."

Baca juga: Ketika Junaid Al-Baghdadi Dianggap Pilih Kasih Terhadap Santrinya
(mhy)
cover top ayah
يَوۡمَ تُبَدَّلُ الۡاَرۡضُ غَيۡرَ الۡاَرۡضِ وَالسَّمٰوٰتُ‌ وَبَرَزُوۡا لِلّٰهِ الۡوَاحِدِ الۡقَهَّارِ‏
(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka (manusia) berkumpul (di Padang Mahsyar) menghadap Allah Yang Maha Esa, Mahaperkasa.

(QS. Ibrahim:48)
cover bottom ayah
preload video