Doa Mimpi Buruk dan Sunnah-sunnahnya

Rabu, 22 September 2021 - 17:49 WIB
loading...
Doa Mimpi Buruk dan Sunnah-sunnahnya
Orang yang mengalamai mimpi buruk dianjurkan berdoa, membaca taawudz dan meludah ke kiri tiga kali. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Doa mimpi buruk perlu diketahui kaum muslimin berikutsunnah-sunnah yang harus dilakukan ketika mengalaminya. Mimpi merupakan pengalaman psikologis yang dialami seseorang ketika tidur.

"Ketika seseorang tidur maka keluarlah ruh jasmaninya bersamaan dengan akal. Kemudian berjalan di antara langit dan bumi. Terkadang ada mimpi dapat dipahami, hal ini berarti akal berperan di dalamnya. Sebaliknya mimpi yang tidak dapat dimengerti, berarti akal tidak berperan di dalamnya." (Syekh 'Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir, Duratun Nashihin,

Dalam perspektif kesehatan, mimpi buruk disebabkan beberapa faktor, di antaranya karena kondisi kesehatan yang buruk. Karena kurangnya waktu tidur atau punya pengalaman pribadi yang buruk.

Dalam perspektif Islam, mimpi terbagi tiga macam sebagaimana dijelaskan dalam Hadis berikut, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, (mimpi) dari setan, dan kabar gembira dari Allah." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Bisikan hati artinya seseorang memikirkan sesuatu ketika sadar. Karena terlalu serius memikirkannya maka terbawa dalam mimpi.

Mimpi dari setan yaitu mimpi yang datang dari tipu daya setan. Bentuknya bisa berupa mimpi basah atau mimpi buruk yang menakutkan.

Mimpi ketiga adalah kabar gembira dari Allah. Yaotu mimpi yang berisi sesuatu yang baik dan menggembirakan kaum muslimin.

Berikut Doa Ketika Mimpi Buruk

هُوَ اللهُ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, Allahu rabbi, laa syarika lahu. A'udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya:
Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.

Berikut doa lain yang bisa diamalkan:

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allahumma inni a'udzubika min 'amalis syaithani wa sayyi-atil ahlaam.

Artinya:
Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan keburukan-keburukan mimpi."

Sunnah-sunnah Ketika Mimpi Buruk

1. Membaca Ta'awudz
Ketika kita mengalami mimpi buruk, dianjurkan untuk segera membaca ta'awudz 3 kali memohon perlindungan kepada Allah. أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ (a'udzu billahi minasy syaithanir rajim) yang artinya aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.

"Mimpi buruk berasal dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian bermimpi buruk, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah karenanya." (HR Al-Bukhari)

2. Meludah ke Kiri 3 Kali
Setelah berlindung kepada Allah saat bangun dari mimpi buruk, hendaklah meludah ke kiri tiga kali (janganmengeluarkan air ludah berlebihan).

وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ، وَلْيَتْفِلْ ثَلاَثًا، وَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا، فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ

"Apabila kalian mengalami mimpi buruk, hendaknya meludah ke kiri 3 kali, dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan setan dan dari dampak buruk mimpi. Kemudian, jangan ceritakan mimpi itu kepada siapapun, maka mimpi itu tidak akan memberikan dampak buruk kepadanya." (HR. Al-Bukhari 7044, Muslim 2261)

3. Berwudhu dan Mendirikan Sholat
Jika mengalami mimpi buruk dianjurkan untuk segera berwudhu dan mendirikan sholat. "Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah..."(HR. Muslim)

4. Mengubah Posisi Tidur
Setelah membaca ta'awudz dan meludah ke kiri sebanyak 3 kali, maka dianjurkan untuk mengubah posisi tidur. "Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan setan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula." (HR Muslim)

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)