Kisah Mansa Musa Orang dengan Kekayaan Rp5.897 triliun Naik Haji

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 17:14 WIB
loading...
Kisah Mansa Musa Orang dengan Kekayaan Rp5.897 triliun Naik Haji
Mansa Musa adalah orang terkaya sepanjang masa dengan kekayaan US$400 miliar atau setara Rp5.897 triliun. (Foto/Ilustrasi: Ist)
A A A
Kisah Mansa Musa, orang terkaya sepanjang masa dengan kekayaan US$400 miliar atau setara Rp5.897 triliun, naik haji sungguh monumental. Sejarah mencatat, inilah perjalanan haji paling glamor, paling mewah dan paling kolosal yang pernah dilakukan oleh manusia.



Satu laporan mengatakan jumlah total kafilah Mansa Musa menuju ke Tanah Suci adalah 60.000 orang, termasuk 12.000 budak, yang masing-masing membawa empat pon emas (1,8 Kg) emas, disamping perbekalan lainnya.

Terdapat pula sekitar 80 unta yang berfungsi khusus untuk membawa emas. Eamonn Gearon, dalam bukunya Turning Points in Middle Eastern History, memperkirakan, emas yang dibawa unta-unta ini sekitar 300 pound (136 Kg) per hewan, atau bila ditotalkan sama dengan 24 ton emas.

Jessica Smith dalam TED-Ed Original Leason, menyatakan tidak ada yang melakukan perjalanan dengan anggaran seperti Mansa Musa. Dia membawa kafilah yang membentang sejauh mata memandang.

Riwayat menggambarkan rombongan puluhan ribu tentara, warga sipil dan budak, 500 petarung membawa emas dan berpakaian dengan sutra halus, serta banyak unta dan kuda yang mengangkut banyak batangan emas.

Perjalanan yang ditempuh oleh kafilah Mansa Musa diperkirakan lebih dari 4800 km, melewati Gurun Sahara yang merupakan gurun panas terbesar di dunia, yang luasnya setara dengan seluruh Amerika Serikat – termasuk Alaska dan Hawaii.

Gurun Sahara adalah jalur yang paling populer di benua ini, dan sudah digunakan sekitar 6000 tahun yang lalu. Jalur ini merupakan urat nadi ekonomi benua Afrika yang menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya, seperti Jalur Sutra di Asia.

Di samping beratnya tantangan alam – seperti badai pasir – tidak sedikit juga kemungkinan munculnya gangguan dan ancaman di sepanjang perjalanan, seperti perampokan dan serangan-serangan mendadak.

Untuk sebuah perjalanan yang berat dan melelahkan ini, Mansa Musa tidak main-main menyiapkan segala keperluannya. Ia sudah menyiapkan pengawal pribadi dan berbagai kebutuhan militer setara dengan sebuah persiapan sebuah ekspedisi penaklukan. Termasuk pelayan, juru masak, pemandu, kuli, dan orang-orang yang bertanggung jawab untuk merawat kuda dan unta.



Di samping itu Mansa Musa memiliki cukup banyak pemandu yang handal serta memiliki pengetahuan lokal tentang kemana oasis berikutnya berada.

Dari Timbuktu, Mansa Musa berjalan ke Kairo. Menurut Eamonn Gearon jarak antara Timbuktu ke Kairo sekitar 3777 km. Adapun jarak dari Kairo ke Mekkah hanya tinggal sekitar 1287 Km lagi. Dengan demikian, bisa diperkirakan bahwa perjalanan Mansa Musa pulang-pergi menempuh jarak sekitar 10.128 Km, dengan waktu tempuh sekitar dua tahun.

Mansa Musa tampak memahami betul tantangan perjalanannya. Dan demikian piawai memanfaatkan kesempatan ibadah Haji ini untuk menyebarkan misi diplomatiknya.

Di sepanjang perjananan, kafilah Mansa Musa begitu populer dengan kedermawanannya. Dia dikatakan telah menyerahkan emas kepada orang miskin di sepanjang jalurnya, dan juga membagikan hadiah yang rumit kepada penguasa setempat. Semua ini tentu bukan sekadar untuk menjamin keamanannya, lebih dari itu, ia sedang membangun simpul diplomatik demi masa depan kekuasaannya.

Dikabarkan, laju perjalanan kafilah Mansa Musa hanya berjarak 16-24 km per hari. Dan baru mencapai Kairo enam bulan kemudian, yaitu pada bulan Juli 1324 M. Ketika sampai di Kairo, Mansa Musa dan rombongan berkemah di padang pasir dekat Piramida besar Giza, di pinggiran kota Kairo modern. Dari kampnya, dia mengirim pesan kepada sultan Mamluk Mesir bersama dengan hadiah 50.000 dinar emas.

Bisa diduga, Sultan sangat senang dengan salam persahabatan ini.

Menurut cerita, Sultan begitu gembira menyambut kedatangan rombongan Mansa Musa, hingga ia meminjamkan istana musim panasnya untuk ditinggali Mansa Musa selama tiga bulan di Mesir.

Kisah tentang Mansa Musa di Mesir dicatat oleh sejarawan Shihab al-Umari, yang berada di Kairo 12 tahun setelah kunjungan Mansa Musa.

Nilai Mata Uang Merosot
Al Umari menceritakan bahwa selama tinggal di Mesir, Mansa Musa membanjiri kota dengan emas. Mendadak inflasi terjadi, nilai mata uang merosot hingga tersisa seperempatnya, dan harga-harga barang meroket.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)