8 Pintu Rezeki yang Diberikan Allah Ta'ala untuk HambaNya

loading...
8 Pintu Rezeki yang Diberikan Allah Taala untuk HambaNya
Bagi orang Islam, rezeki jelas merupakan hak dan wewenang Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
Bagi orang Islam, rezeki jelas merupakan hak dan wewenang Allah Ta'ala. Jika Allah Ta'ala berkehendak, maka Ia akan memberikan rezekinya pada kita dari berbagai arah yang tak kita duga.

Di antara yang mendatangkan rezeki adalah shalat wajib yang lima waktu, ini adalah paling utama. Perbaiki dan selalu perbaiki hubungan kita dengan Allah. Karena Allah-lah Sang Maha Pemberi Rezeki.

"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya,” (QS ath-Thalaq: 2-3).

Baca juga: Amalan dan Sifat Istri yang Memperlancar Rezeki Suami

Nabi Shallalahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang,” (Riwayat Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab).

Pengasuh kajian sunnah, Ustad M. Zainuddin mengatakan ada beberapa pintu rezeki yang diturunkan Allah Ta'ala kepada hambaNya.

1. Rezeki yang telah dijamin
وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَ


"...dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi, melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya." (QS. Hud : 6)

2. Rezeki karena usaha
وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

"...dan tidaklah manusia memperoleh kecuali apa yang telah diusahakannya."(QS. An-Najm : 39)

3. Rezeki karena bersyukur
لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu."(QS. Ibrahim : 7)

4. Rezeki tak terduga
ۚوَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (QS. At-Thalaq : 2-3)

Baca juga: Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak

5. Rezeki karena istighfar

"Maka aku berkata (kepada mereka), “ Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh : 10-12).

6. Rezeki karena menikah
وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِي

"...dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya), Maha Mengetahui." (QS. An-Nur : 32).

7. Rezeki karena anak
وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا[arabClose)
"..dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu. Membunuh mereka sungguh dosa yang besar.”(QS. Al-Israa' : 31).

8.Rezeki karena sedekah
مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik (yaitu bersedekah) niscaya Allah melipatgandakan kepadanya dalam jumlah yang banyak. Allah yang menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan."(QS. Al-Baqarah : 245)

Baca juga: Mengenal Ayat-ayat Cinta dalam Al-Qur'an

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

(QS. Al-Baqarah:153)
cover bottom ayah
preload video