9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam (1)

Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:43 WIB
loading...
A A A


4. Anggur
Buah Anggur disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak 14 kali. Salah satunya dalah di surat An Nahl ayat 11.

'Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' ( QS An Nahl: ayat 11)

Hisham Tahlbah dalam karyanya bertajuk Al-I'jaz Al Ilmi fi Alquran wa al sunnah (Ensiklopedia Mukzijat Alquran dan Hadis) menyebutkan anggur merupakan salah satu tanaman yang dikenal umat manusia sejak lama.

Menurut Thlbah, anggur sudah dikenal sejak masa Nabi Nuh AS. "Anggur juga telah diketahui oleh orang-orang kuno sebagai tanaman berkhasiat tinggi dan memiliki manfaat sangat banyak. Kesimpulannya, anggur adalah salah satu buah yang paling banyak manfaatnya," tutur Tahlbah.

Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yang sama, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi buah, makanan, minuman, maupun sebagai obat.

Ibnu Qayyim mengatakan sebagai obat, anggur memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Tahlbah mengungkapkan, anggur diyakini bisa mengobati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, pencernaan, bahkan bermanfaat untuk orang-orang yang terkena penyakit lambung. Tak hanya itu, anggur juga bisa dimanfaatkan bagi siapa saja yang hendak melakukan diet (mengatur pola makanan).

Buah anggur diriwayatkan sebagai buah yang sangat disukai Rasulullah SAW. Buah anggur memiliki peminat yang banyak, jenis buah anggur pun juga banyak. (Bersambung)

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)