9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam (1)

Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:43 WIB
loading...
9 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam (1)
Kebun anggur: buah ini sangat disukai Rasulullah SAW. Buah anggur memiliki peminat yang banyak, jenis buah anggur pun juga banyak. (Foto/Ilustrasi: Ist)
A A A
Islam tidak melarang menjadi kaya, asalkan kekayaan itu diperoleh dengan cara halal. Al-Qur’an menyebut beberapa tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Para peneliti membenarkan apa yang disebut dalam kitab suci tersebut.

Lantaran manfaat yang besar terhadap kehidupan manusia itu maka komoditas yang disebut dalam Al-Qur'an tersebut banyak diperjual-belikan. Tak sedikit mereka yang membudidayakan tanaman itu menjadi kaya raya. Begitu juga mereka yang memperdagangkan komoditas tersebut. Petani kaya, pedagang pun kaya.



Berikut adalah 9 jenis tanaman pertanian dan perkebunan yang disebut dalam Al-Qur'an dan pada saat ini menjadikan mereka yang menekuni bisnis ini kaya.

1. Tin

وَالتِّيۡنِ وَالزَّيۡتُوۡنِۙ‏


Demi buah tin dan buah zaitun.” [ QS At-Tin :1 ]

Tanaman ini merupakan tanaman istimewa yang disebutkan khusus dalam Al-Qur’an.

Syaikh Prof Dr Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah dalam Tafsir Al-Wajiz mengatakan keutamaan surah ini: Semuanya mengatakan (Imam Malik dan para pengarang Kutubus sittah) dari Bara’ bin ‘Azib berkata: ”Nabi SAW dalam sholatnya, di salah satu rakaat membaca surah At-Tin, dan tidak ada yang pernah mendengar suara paling indah dari bacaan beliau (selain dari itu)”

Wahbah az-Zuhaili menafsirkan Allah bersumpah demi pohon Tin dan Zaitun, karena keduanya diberkahi. "Jenis buah yang pertama dimakan oleh manusia dan jenis buah yang kedua mereka makan dan mereka peras untuk diambil minyaknya," ujar Wahbah az-Zuhaili.

Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi dalam tafsirnya An-Nafahat Al-Makkiyah menjelaskan Allah memulai ayat ini dengan sumpah dengan buah tin dan buah zaitun, dan keduanya adalah pohon yang diberkahi, bermanfaat, dan terkenal di negeri Syam yang penuh keberkahan.

Tin, dalam bahasa Latin ficus carica, merupakan tanaman yang populer di dunia Islam karena manfaatnya bagi kesehatan sangat banyak. Buah ini termasuk memiliki nilai jual yang tinggi.



2. Zaitun
Selain Tin, Zaitun juga merupakan tanaman pembawa kekayaan yang juga disebutkan berulang kali dalam Al-Qur’an.

Manfaat zaitun sudah tidak dapat diragukan lagi karena berabad-abad telah dikenal sebagai tanaman yang membawa banyak manfaat. Bahkan zaitun dikenal sebagai tanaman yang bisa mencegah kanker dan penuaan dini.

Faktor inilah yang menjadikan zaitun sebagai komoditas jual beli yang besar; baik harga bibit, buah, hingga olahannya memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Kurma
Buah kurma diyakini sebagai makanan ideal yang mencukupi nutrisi bagi tubuh, apabila rutin mengkonsumsi buah kurma setiap hari mampu mencegah berbagai penyakit.

Tumbuhan kurma telah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Proses tumbuhnya kurma disebutkan dalam surat Al-An’am ayat 99. Kemudian kebun-kebun kurma dalam surat Ar-Rad’ ayat 4. Buah kurma yang dapat dimanfaatkan untuk obat, makanan, minuman juga disebutkan dalam surat AnNahl ayat 67.

Sains modern menegaskan kebenaran informasi yang diberikan oleh Al-Qur’an dan hadits terkait tumbuhan kurma. Di antaranya memudahkan proses melahirkan bagi ibu hamil, menyehatkan jantung, pembuluh darah, membantu pertumbuhan gigi dan tulang, mengurangi kerontokan rambut dan mencegah sembelit.

Selain itu juga, kurma memiliki potensi yang sangat besar sebagai sumber ketahanan pangan, baik karena nilai ekonominya yang tinggi maupun kurma sebagai sumber multi pangan yang bergizi tinggi dalam ketahanan pangan.



4. Anggur
Buah Anggur disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak 14 kali. Salah satunya dalah di surat An Nahl ayat 11.

'Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' ( QS An Nahl: ayat 11)

Hisham Tahlbah dalam karyanya bertajuk Al-I'jaz Al Ilmi fi Alquran wa al sunnah (Ensiklopedia Mukzijat Alquran dan Hadis) menyebutkan anggur merupakan salah satu tanaman yang dikenal umat manusia sejak lama.

Menurut Thlbah, anggur sudah dikenal sejak masa Nabi Nuh AS. "Anggur juga telah diketahui oleh orang-orang kuno sebagai tanaman berkhasiat tinggi dan memiliki manfaat sangat banyak. Kesimpulannya, anggur adalah salah satu buah yang paling banyak manfaatnya," tutur Tahlbah.

Anggur hijau maupun merah memiliki khasiat yang sama, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menjadi buah, makanan, minuman, maupun sebagai obat.

Ibnu Qayyim mengatakan sebagai obat, anggur memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Tahlbah mengungkapkan, anggur diyakini bisa mengobati batuk, memurnikan darah, membersihkan usus, pencernaan, bahkan bermanfaat untuk orang-orang yang terkena penyakit lambung. Tak hanya itu, anggur juga bisa dimanfaatkan bagi siapa saja yang hendak melakukan diet (mengatur pola makanan).

Buah anggur diriwayatkan sebagai buah yang sangat disukai Rasulullah SAW. Buah anggur memiliki peminat yang banyak, jenis buah anggur pun juga banyak. (Bersambung)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2626 seconds (0.1#10.140)