Viral! Adzan Merdu di Masjid Taqwa Depan Gereja Katedral Menuai Pujian

loading...
Viral! Adzan Merdu di Masjid Taqwa Depan Gereja Katedral Menuai Pujian
Adzan Kurdi yang dikumandangkan seorang muadzin di Masjid Taqwa Kota Bandar Lampung menuai pujian dari netizen. Foto/dok Channel Azan Santai
Adzan yang dikumandangkan seorang muadzin di Masjid Taqwa yang berhadapan dengan Gereja Katedral Kota Bandar Lampung menuai pujian dari netizen, baru-baru ini. Suara Adzan tersebut viral karena lantunan suaranya yang indah dan sangat merdu.

Muadzin yang diketahui bernama Arief Muchtar itu membagikan pengalamannya saat mengumandangkan Adzan Zuhur di Masjid Taqwa Kota Bandar Lampung. Dalam video yang diunggahnya di Channel Youtube "Azan Santai" 7 Oktober 2021 telah ditonton lebih dari 1,4 juta kali dan disukai 33.000 lebih.

Dalam video itu, muadzin Arief meminta izin kepada pengurus Masjid Taqwa Bandar Lampung untuk mengumandangkan Adzan Zuhur. Setelah mendapat izin, Arief langsung mengumandangkan Adzan dengan santai, namun suara yang khas irama Kurdi.
Viral! Adzan Merdu di Masjid Taqwa Depan Gereja Katedral Menuai Pujian

Muadzin pemilik Channel "Azan Santai" ini dikenal memiliki suara merdu dan nafas yang panjang. Apalagi saat mengumandangkan Adzan dengan irama Kurdi, kita benar-benar dibuat takjub. Tak sedikit netizen memuji suaranya yang indah, tak terkecuali netizen non muslim.

Seperti @Boy Hatty menulis di kolom komentarnya: "Di kupang NTT sejak saya SD sampe skrang masih kumandang azan yang ini, bahkan kami yg non muslim terbiasa azan subuh sebagai awal aktifitas dan menandai waktu. Salam kami NTT."

Netizen bernama @Anies Arnita menuliskan: "Merdu..syahdu dan khidmat... ????Saya Katolik tapi senang kalau ada azan yg seperti ini..enak di kuping dan meski ga ngerti maksudnya/artinya tapi bawaannya tenang,hening..."

"MasyaAllah...baru awal takbir...jantungq bergetar...airmata bercucuran tiada henti...sampai adzan berakhir...g bs berhenti nangis," tulis @Kinan Doang.

Netizen lain dari Malaysia @Hasmah Hamzah:"Masya Allah begitu tenang dan menyejukkan hati suara nya. Salam dari Malaysia."

"MasyaAllah... Sampe merinding dan nangis saya dengernya, ijin download suaranya buat notifikasi adzan di hp.. Syukron Jazakallah kairon..." tulis@Vista Dwi Astuti.

Pujian lain disampaikan @HINGG DOMINO RIAU:"Ya Allah Merinding Gue Bg Denger Suara Lo,Terbuka Niat Gue Bg,Yg Dulu Yg Sama Sekali Belom Pernah Seniat Ini Mendengarkan Azan."

Untuk diketahui, lantunan Adzan biasanya dikumandangkan dengan banyak irama. Di antaranya Bayati, Shoba, Hijaz, Rost, Nahawand, Syika dan Jiharkah. Di Indonesia, adzan paling sering dikumandangkan adalah irama Bayati karena mudah dilantunkan terutama bagi mereka yang punya nafas pendek dan nada rendah.

Baca Juga: Jangan Remehkan Berdoa Selepas Adzan, Berikut 5 Fadhilahnya

Berikut Video Azdan Viral yang Diunggah Channel Youtube "Azan Santai" 7 Oktober 2021:
(rhs)
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ جَآءَكُمۡ فَاسِقٌ ۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوۡۤا اَنۡ تُصِيۡبُوۡا قَوۡمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصۡبِحُوۡا عَلٰى مَا فَعَلۡتُمۡ نٰدِمِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

(QS. Al-Hujurat:6)
cover bottom ayah
preload video