Catatan Emas Jihad di Zona Laut Daulah Umayyah

Senin, 01 November 2021 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Hissan bin An-Nu'man memanfaatkan keterampilan tangan-tangan orang Mesir dalam mengembangkan pabrik pembuatan kapal, dan Khalifah Abdul Malik bin Marwan memberi orang-orang Mesir itu kebebasan dari kewajiban membayar pajak. Itu dilakukan demi mendorong mereka agar mau pindah ke Tunisia dan bekerja di pabrik pembuatan kapal yang berada di sana.

Daulah Umayyah memiliki beberapa kapal besar yang beroperasi di beberapa wilayah berbeda. Armada Syam dan Mesir beroperasi di bagian timur Laut Mediterania. Armada Tunisia beroperasi di bagian tengah Laut Mediterania.

Tahun 58 H Daulah Umayyah melakukan manuver besar-besaran di Laut Tunisa. Tujuan manuver ini adalah membuka pulau-pulau di wilayah Laut Mediterania bagian barat, terutama pulau-pulau di Sicilia. Pulau-pulau ini menjadi target strategis Daulah Umayyah demi menghalangi kemajuan AL Byzantium.

Saat itu muncul nama-nama besar dalam barisan Islam, antara lain Musa bin Nusair didukung oleh para perwiranya seperti Ayyasy bin Ukhail, Abdul Malik bin Fathin, Abdullah bin Musa, Abdullah bin Murrah, dan Muhammad bin Aus bin Tsabit Al Ansari. Mereka berhasil mengalahkan angkatan laut Byzantium.

Serangkaian jihad tersebut mengantarkan umat Islam untuk menaklukkan pulau Sardania, Andalusia, dan Mayurigah.

Manuver-manuver laut ini terus berlanjut sampai hilangnya kekuasaan Daulah Umayyah pada bulan Rabiul Awal 132 H. Sejak itu, kekuatan angkatan laut Islam mengalami stagnasi selama kurang lebih setengah abad.



Syaikh Abdul Aziz Az-Zuhairi mengatakan angkatan laut Islam mencapai puncaknya di masa dinasti Umayyah meski usia dinasti ini relatif lebih singkat.

Daulah Umayyah dikenang sebagai dinasti mujahid di zona darat dan laut. Angkatan Darat Daulah Umayyah melakukan perluasan wilayah hingga bumi belahan timur yang mencakup seluruh wilayah Khurasan, bahkan mencapai batas wilayah China dan India.

Angkatan laut Daulah Umayyah menaklukkan hampir semua pulau di wilayah Laut Mediterania di sisi timur dan baratnya: menembus Lautan Qairani dan Laut Adriatik, serta menaklukkan bumi Andalusia, menyerbu sebagian besar wilayah terdalam Prancis.

Daulah Umayyah berhasil menjadikan sebagai kekuatan besar yang mampu melakukan jihad di wilayah laut di berbagai lokasi dan dalam waktu yang bersamaan.

Ini dikenal dengan perang berstrategi ganda, jihad di darat dan laut dalam waktu bersamaan dengan jangkauan wilayah yang sangat luas. Strategi ini hanya dilakukan oleh Daulah Umayyah dan Daulah Utsmaniyah.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)