Tenggelamnya Jihad Laut di Masa Daulah Abbasiyah

Selasa, 02 November 2021 - 16:18 WIB
loading...
A A A
Pertama, Daulah Abbasiyah memfokuskan pengembangan wilayahnya ke bagian timur. Perhatian mereka terkonsentrasi ke wilayah Khurasan dan beberapa daerah lain yang telah maju di wilayah timur. Kenyataan ini membuat upaya memerangi armada laut Byzantium menjadi terabaikan.

Banyaknya masalah internal, revolusi, dan pemberontakan di awal-awal fase terbentuknya negeri ini juga menjadi penyebab.

Kedua, Byzantium menghentikan serangan di wilayah laut terhadap negeri Islam. Hal ini disebabkan adanya konflik internal dalam negeri tersebut.

Konflik bermula setelah Raja Leo V dari Armenia menguasai tahta Byzantium, juga Revolusi Thomas dari Sicilia yang berlangsung selama periode 205-820 H. Selain itu, adanya konflik antara mereka dengan Kerajaan Bulgaria sejak masa pemerintahan Raja Constantin VI dan ibunya, Irin.

Ketiga, penguasa Daulah Umayyah di Andalusia memerdekakan diri dari kekuasaan Daulah Abbasiyah di Baghdad. Saat itu, Daulah Umayyah di Andalusia menempatkan dirinya sebagai pesaing utama atas kekuasaan Daulah Abbasiyah, dan memainkan peranan penting dalam dunia maritim.

Sebagaimana pendahulunya di Syam, Daulah Umayyah di Andalusia juga memiliki pengalaman menakjubkan di dunia maritim.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2339 seconds (0.1#10.140)