Keperkasaan Daulah Fathimiyah, Penjaga dan Penguasa Perairan Laut Mediterania

loading...
Keperkasaan Daulah Fathimiyah, Penjaga dan Penguasa Perairan Laut Mediterania
Keperkasaan angkatan laut Daulah Fathimiyah sebagai penguasa perairan Laut Mediterania karena didukung sumber daya yang melimpah di wilayah kekuasaannya. (Foto/Ilustrasi : Ist)
Keperkasaan Daulah Fathimiyah sebagai penguasa dan penjaga perairan Laut Mediterania menjadikan angkatan laut dinasti ini yang terbesar dan terkuat setelah angkatan laut Daulah Umayyah .

Baca juga: Catatan Emas Jihad di Zona Laut Daulah Umayyah

Syaikh Abdul Aziz Az-Zuhairi dalam bukunya berjudul "Khairuddin Barbarossa: Pahlawan Islam Penguasa Lautan" memaparkan angkatan laut Daulah Fathimiyah menguasai wilayah perairan Mesir, Syam, dan Afrika Utara.

Prestasi tersebut menempatkan dinasti ini pada posisi terhormat dalam barisan negara-negara bahari. "Bahkan, para ahli sejarah menempatkan daulah ini dalam posisi kedua setelah Daulah Umayyah dalam pengembangan dunia maritim Islam," tulis Syaikh Abdul Aziz.

Daulah Fathimiyah pantas kuat karena didukung pimpinan yang peduli terhadap sektor maritim. Di samping itu, sumber daya wilayah kekuasaan dinasti ini sangat mendukung. Tenaga terampil di sektor perkapalan dan kelautan melimpah. Begitu juga bahan baku untuk membangun industri perkapalan.

Sumber Daya Pendukung

Kehidupan maritim merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan bangsa ini, baik dalam bidang sosial atau ekonomi. Luasnya perairan wilayah Afrika Utara menjadikan penduduknya handal dalam bidang kelautan.

Ibnu Khaldun menulis, “Penduduknya hidup di alam laut yang keras dan pantai-pantai ganas. Kenyataan ini menyebabkan mereka mengalami penderitaan yang tidak dialami oleh bangsa-bangsa bahari lainnya.

Bangsa Romawi, Eropa, dan Outh ada di dataran tinggi utara negeri dari wiayah laut Romawi ini. Aktivitas-aktivitas perang dan perdagangan sering mereka lakukan di kapal-kapal. Karena itu, mereka handal dalam mengarungi lautan dan piawai berperang dengan menggunakan armada laut...”

Selain tenaga kerja terampil, angkatan laut Daulah Fathimiyah menjadi kuat juga karena ketersediaan bahan baku industri perkapalan yang melimpah. Kayu, besi, bahan sabut, cat, dan minyak banyak tersedia.
halaman ke-1
cover top ayah
اِذۡ يَتَلَقَّى الۡمُتَلَقِّيٰنِ عَنِ الۡيَمِيۡنِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيۡدٌ
(Ingatlah) ketika dua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.

(QS. Qaf:17)
cover bottom ayah
preload video