Tanda Hati yang Sakit dan 6 Nutrisi untuk Mengobatinya

Jum'at, 12 November 2021 - 05:05 WIB
loading...
Tanda Hati yang Sakit dan 6 Nutrisi untuk Mengobatinya
Ustaz Zaidul Akbar, dokter yang juga penggagas Jurus Sehat ala Rasulullah (JSR). Foto/dok infobiografi
A A A
Dokter yang juga pendakwah, Ustaz Dokter Zaidul Akbar membeberkan tanda hati yang sakit dan nutrisi yang dapat mengobatinya.

Sebagaimana jasad bisa sakit dan mengalami keluhan sebelum sakit, maka hati pun demikian. Sebelum hati itu sakit, ia akan menunjukkan keluhan dan tanda bahwa ia sakit dan perlu diobati.

"Salah satu tanda hati yang sakit adalah kemampuannya melihat kesalahan orang lain jauh lebih kuat daripada kemampuan melihat kesalahannya sendiri. Dan banyak lagi tanda yang lainnya," kata dokter yang juga penulis buku "Jurus Sehat Rasullullah" (JSR) itu dikutip dari kanal IG-Nya @zaidulakbar.

Dokter Zaidul Akbar menyebutkan, ada 6 nutrisi hati sebagaimana dinukil dari Imam Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah. Di antaranya:
1. Berdzikir kepada Allah
2. Membaca Al-Qur'an
3. Beristighfar
4. Berdoa
5. Membaca sholawat kepada Rasulullah
6. Sholat malam

Mengapa hati mukmin sejatinya lebih penting dari raganya? Salah seorang saleh pernah berkata: "Sungguh aneh jika ada orang yang menangisi seseorang yang jasadnya mati, akan tetapi ia tidak menangisi orang yang hatinya mati, padahal yang kedua itu sebenarnya lebih parah."

Kata Dokter Zaidul Akbar, penyakit hati jauh lebih berbahaya daripada penyakit fisik. Hati yang sakit tak akan mampu merasakan nikmatnya iman dan ibadah.

Hati yang bermasalah akan membuat hidup menjadi bermasalah juga. Hati yang penuh racun akan menyebarkan racun ke orang lain pula melalui lisan dan sikapnya.

Hati yang sakit akan membuat hidup penuh penderitaan sehingga semua dijadikan ajang mengeluh dan keluhan. Hati yang sakit akan membuat tak mampu merasakan indahnya akhirat dan nikmatnya kebaikan yang diperintahkan Allah.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian." (HR Muslim No 2564)

Semoga Allah menjaga kita dari hati yang sakit dan bermasalah. Aamin.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)