12 Jenis Manusia yang Didoakan Malaikat, Apakah Anda Salah Satunya?

loading...
12 Jenis Manusia yang Didoakan Malaikat, Apakah Anda Salah Satunya?
Ketika mendapat doa yang baik dari malaikat, adalah sebuah keberuntungan tersendiri bagi seorang Mukmin. Foto ilustrasi/ist
Ketika mendapat doa yang baik dari malaikat , adalah sebuah keberuntungan tersendiri bagi seorang Mukmin. Kenapa beruntung? Tujuan dari penciptaan malaikat adalah khusus untuk beribadah kepada Allah Ta'ala. Berbeda dengan jin dan manusia yang sewaktu-waktu bisa tergelincir ke dalam kesalahan, malaikat sama sekali tidak tersentuh dosa ataupun maksiat.

Karena kesuciannya itulah, apa pun yang didoakan malaikat untuk seseorang, niscaya akan dijawab oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Dinukil dari berbagai sumber, inilah orang-orang yang beruntung didoakan malaikat, yakni :

1.Orang yang tidur dalam keadaan berwudhu

Dalam satu hadis yang diriwayatkan Abdullah bin Umar RA dikatakan, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang tidur dalam keadaan suci, malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci'." (HR ath-Thabrani).

Baca juga: Ternyata Memiliki Rasa Malu kepada Malaikat akan Memberi Kemuliaan

2.Orang duduk yang menunggu waktu sholat

Dalilnya:

"Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia’." (HR. Imam Muslim)

3.Orang-orang yang berada di shaf barisan depan saat sholat berjamaah

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan." (HR. Imam Abu Dawud)
halaman ke-1
cover top ayah
رَبِّ اجۡعَلۡنِىۡ مُقِيۡمَ الصَّلٰوةِ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِىۡ‌‌ ۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ‏
Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

(QS. Ibrahim:40)
cover bottom ayah
preload video