Malam Jumat Baca Surat Al-Kahfi Atau Yasin?

Kamis, 09 Desember 2021 - 18:08 WIB
loading...
Malam Jumat Baca Surat Al-Kahfi Atau Yasin?
Hari Jumat adalah hari yang dianjurkan untuk memperbanyak amalan mengingatkan agungnya keutamaan hari tersebut. Foto/dok harakah islamiyah
A A A
Banyak yang bertanya, malam Jumat membaca Surat Al-Kahfi atau Yasin? Mana yang harus diamalkan?

Sebelum menjawabnya perlu diketahui bahwa hari Jumat adalah hari paling agung dan disebut Sayyidul Ayyam (penghulu semua hari). Al-Imam Syafi'i dan Imam Ahmad meriwayatkan Hadis dari Sa'ad bin 'Ubadah: "Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fithri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali shilaturrahim. Hari Kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya Kiamat saat hari Jumat".

Itulah keutamaan hari Jumat sehingga umat muslim diperintahkan memperbanyak amal pada hari tersebut. Dalam Hadis sahih disebut amalan yang sangat ditekankan adalah memperbanyak sholawat kepada Baginda Nabi Muhammad shallalllahu 'alaihi wasallam.

Kembali ke pertanyaan di atas, mana yang harus diamalkan pada malam Jumat, membaca Surat Al-Kahfi atau Yasin? Tidak dipungkiri, kedua surat ini masing-masing punya keistimewaan.

Dalam berbagai riwayat dikemukakan:

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

"Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka dia akan diterangi cahaya selama di antara dua Jumat". (HR. Al Hakim, 2/399, Al Baihaqi, 3/249. Shahih. Lihat Shahihul Jaami' No. 6470)

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ

"Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi saat malam Jumat, dipancarkan cahaya untuk dia sejauh pada dianya dia serta Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi 3273. Juga diriwayatkan oleh al-Nasai dan Al-Hakim)

Bahkan dalam Hadis Marfu dari Sayyidina 'Ali radhiyallahu 'anhu: "Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka ia terpelihara hingga delapan hari dari tiap-tiap fitnah dan jika Dajjal keluar, maka ia terpelihara darinya."

Hadis-hadis keutamaan Al-Kahfi di atas sangat populer di kalangan muslim dan semua ulama sepakat tentang kesahihannya. Lalu, bagaimana dengan Surat Yasin?

Mari kita simak beberapa riwayat tentang keutamaan Yasin. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thabroni/145, 418 dan Al-Baihaqi/2360, 2361 dari Abu Huroiroh, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Kemudian, hadis dari Ma'qol bin Yasar:

اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس

"Bacalah untuk orang mati di antara kamu, Surat Yasin." (HR Ibnu Hibban 3064, Abu Daud 2714, Ibnu Majah 1438, Ahmad 19416, 19427, an-Nasai 10913, Al-Hakim 2028, Ath-Thobroni 16904, Al-Baihaqi 2356, 8930).

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, 6/497 juga diterangkan:

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مغفورا له، ومن قرأ حم التي يذكر فيها الدخان أصبح مغفور له

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pagi harinya dia diampuni...(HR Abu Ya'la No 2467). Ibnu Katsir berkata: isnadnya Jayyid (bagus).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)