10 Sahabat Nabi yang Dijamin Surga Ternyata 7 Orang Adalah Pemuda

Kamis, 23 Desember 2021 - 05:10 WIB
loading...
10 Sahabat Nabi yang Dijamin Surga Ternyata 7 Orang Adalah Pemuda
Peradaban Islam yang gemilang di masa lalu ternyata tak lepas dari andil para pemuda yang ada di sekeliling Rasulullah SAW. Foto/dok Channel Ardhiyn
A A A
Kejayaan Islam di masa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam ternyata tidak lepas dari andil para pemuda. Anak-anak muda di zaman Rasulullah punya pengaruh besar dalam memikul peradaban.

Dari 10 Sahabat Nabi yang dijamin masuk surga ternyata tujuh orang di antaranya adalah pemuda. Mereka layak diteladani untuk membangkitkan kembali peradaban Islam di masa kini.

Dai yang juga pakar sejarah Islam, Ustaz Budi Ashari dalam satu kajiannya mengatakan, data sejarah Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, tidaklah peradaban dipikul kecuali oleh generasi muda.

Sepuluh Sahabat yang dijamin masuk surga disebutkan oleh Nabi dalam sabda beliau:

عَنْ عَبْد الرَّحْمَنِ بْن عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ . رواه الترمذي

Dari Abdurrahman bin Auf berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, 'Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin 'Auf di surga, Sa'ad di surga, Sa'id di surga, Abu 'Ubaidah bin Jarrah di surga." (HR. At-Tirmidzi)

Ustaz Budi Ashari menjelaskan, sepuluh sahabat Nabi yang dijamin masuk surga ini merupakan orang-orang awal yang memeluk Islam. Sejarah mencatat bahwa kepemimpinan hanya berputar di antara mereka.

Yang berusia kepala tiga hanya tiga orang yaitu, Abu Bakar Ash-Shiddiq, Utsman Bin Affan, Abdurrahman bin Auf. Tujuh orang Sahabat usianya di bawah kepala tiga. Bahkan lima orang berusia di bawah 20 tahun.

Data yang dipaparkan di atas adalah data sejarah yang ternyata Allah ingin memberikan sentuhan. Bahkan orang-orang besar yang diabadikan dalam kitab suci pun ternyata generasi-generasi muda.

Menjadi sebuah renungan besar untuk generasi muda. Sebuah renungan yang tidak sederhana. Karena ini khusus usia muda, usia ditanya oleh Allah Ta'ala karena itulah usia kekuatan di antara dua kelemahan.

"Jadi, kalau hari ini para Ayah, mengabaikan anak-anaknya yang usia di bawah 20 tahun. Anda tak akan pernah bisa menjawab pertanyaan Allah ini. Kemana dihabiskan usia mudanya. Kemana diselesaikan usianya," kata Dai lulusan Universitas Islam Madinah Saudi Arabia itu.

Memperhatikan generasi muda. Kalau kita benar perhatikan dan didik mereka maka benar anda telah memperhatikan dan mendidik sebuah kebangkitan peradaban.

Karenanya kita sedang berebut dengan kebatilan yang menyasar pada pemuda. Kalau yang hak diam saja, maka anak-anak muda akan diambil oleh kebatilan.

Karenanya, mari kita berlelah-lelah. Karena yang batil pun siap berlelah-lelah. Mari kita keluarkan harta kita untuk didik mereka karena yang batil pun telah meluncurkan dana yang tidak kecil untuk menghancurkan generasi muda kita.

Ustaz Budi Ashari berpesan, di hadapan kita ada kebesaran Islam, dan ketahuilah bahwa kebesaran itu ada di pundak para pemuda kita.



Berikut Vidoe Tausiyah Ustaz Budi Ashari Diunggah Channel Budi Ashari Official 28 Oktober 2021:
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)