Tata Cara Menyapih Anak Menurut Islam

Kamis, 13 Januari 2022 - 11:49 WIB
loading...
A A A
5. Lakukan perlahan

Menyapih merupakan proses yang membutuhkan waktu dan kerja sama antara orangtua dengan anak. Jangan terlalu memaksakan apalagi membandingkan si kecil dengan anak yang lain.

Cobalah untuk berkomunikasi dengan baik dengan si kecil bahwa ia sudah cukup besar untuk tidak lagi menyusu. Seorang ibu juga bisa bertahap membiasakan si kecil minum ASI di botolnya atau minum susu formula di botol.

6. Peran ayah dalam menyapih

Hal yang penting diperhatikan ialah keterlibatan serta peran ayah dalam setiap prosesnya. Islam sangat mengatur hal ini yang sudah banyak ditegaskan mengenai tanggung jawabnya dalam Al-Qur'an.

Beberapa peran vital ayah dalam proses ini antara lain: Memberikan dukungan dan dorongan moral, menyediakan sarana untuk memberi kebutuhan terbaik anak dan ibu. Jika ayah meninggal selama masa menyusui dan menyapih, biaya perawatan bayi harus ditanggung oleh ahli warisnya (biasanya kakek dari pihak ayah bayi). Membahas dan memutuskan menyapih bersama dengan ibu.

Fakta bahwa ayah harus menjadi orang utama yang bertanggung jawab atas keuangan sangat penting dalam Islam, bahkan jika pasangan bercerai, ayah harus terus membayar biaya ibu dan anak sampai bayi disapih (dalam waktu dua tahun).



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)