Begini Dzikir, Sholat, dan Haji Para Malaikat

Selasa, 22 Februari 2022 - 19:31 WIB
loading...
Begini Dzikir, Sholat, dan Haji Para Malaikat
Para malaikat senantiasa bertasbih. (Foto/Ilustrasi: Ist)
A A A
Malaikat senantiasa berdzikir kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, hamba Allah ini juga mendirikan sholat dan berhaji. Lalu bagaimana dzikir, sholat, dan haji para malaikat itu?

Prof Dr Umar Sulaiman al-Asyqar dalam bukunya berjudul "Rahasia Alam Malaikat, Jin, dan Setan" memaparkan bahwa Malaikat adalah para hamba Allah yang mendapat taklif untuk taat kepada-Nya. Mereka melakukan ibadah dan taklif itu dengan mudah dan ringan.

Para malaikat selalu berdzikir kepada Allah taala dan dzikir teragung yang mereka baca adalah tasbih.

Firman-Nya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya.” ( QS Al-Mu min : 7)

Demikian pula seluruh malaikat selalu bertasbih seperti firman-Nya: “Dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhan-nya.” ( QS Asy-Syura : 5)



Tasbih para malaikat itu terus-menerus dan tidak pernah terputus, baik siang maupun malam.

Firman-Nya: “Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” ( QS Al Anbiya' : 20)

Karena begitu banyaknya bacaan tasbih yang mereka lantunkan, para malaikat adalah para pembaca tasbih sejati dan pantas membanggakan diri karenanya.

Dia berfirman, “Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah). Dan sesungguhnya Kami benar-benar bertasbih (kepada Allah).” ( QS Ash-Shaffat : 165-166)

Para malaikat banyak membaca tasbih karena tasbih adalah dzikir yang paling afdhal. Dalam kitab Shahih-nya, Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Dzar, ia berkata bahwa Rasulullah SAW ditanya: “Dzikir apakah yang paling utama?"

Beliau menjawab, “Dzikir yang dipilihkan Allah untuk para malaikat dan para hamba-Nya: subhanallah wa bihamdihi."

Sholat Malaikat
Rasulullah SAW mendorong para sahabat untuk meneladani para malaikat dalam membuat barisan sholat: “Tidakkah kalian berbaris sebagaimana barisan para malaikat di sisi Tuhannya?”

Ketika beliau ditanya bagaimana cara para malaikat berbaris, beliau bersabda, “Mereka sempurnakan baris pertama kemudian baris selanjutnya dan mereka rapatkan barisan.” (HR Bukhari)

Dalam al-Qur'an, para malaikat mengatakan, “Dan sesungguhnya kami benar-benar bershaf shaf (dalam menunaikan perintah Allah)” (QS Ash-Shaffat: 165)

Mereka berdiri, ruku', dan sujud. Dalam kitab Musykil al-Atsar oleh ath-Thahawi dan al-Baghawi dalam Al-Mu'jam al Kabir dari Hakim bin Hizam, ia mengatakan, “Ketika Rasulullah SAW di tengah-tengah para sahabat, tiba-tiba beliau bertanya: “Apakah kalian mendengar apa yang aku dengar?"

Mereka menjawab: “Kami tidak mendengar apa pun."

Beliau bersabda, “Aku mendengar suara langit. Tidaklah tercela jika langit bersuara. Tidak ada sejengkal pun tempat di langit, kecuali terdapat malaikat yang sujud ataupun berdiri'.”

Tentang hadits di atas, al-Albani mengatakan, “Hadits sahih menurut syarat Muslim.” (Silsilat al-Ahidits ash-Shahihah, hadis No. 852)

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)