Terbesar di Eropa, Ini 3 Ulama Berpengaruh di Rusia

Jum'at, 04 Maret 2022 - 20:00 WIB
loading...
Terbesar di Eropa, Ini 3 Ulama Berpengaruh di Rusia
Grand Mufti Rusia Syekh Rawil Gaynutdin merupakan salah satu ulama berpengaruh di Rusia. Foto/Dok Twitter @anadoluagency
A A A
Sejarah perkembangan Islam di Rusia tidak lepas dari peran ulama. Setidaknya ada tiga ulama terkenal yang cukup berpengaruh di Rusia.

Untuk diketahui, Islam di Rusia berkembang pada awal penaklukan Volga Tengah pada abad ke-16 oleh orang Tatar dan Turk. Mayoritas Muslim di Rusia mengikuti ajaran Islam Sunni. Beberapa wilayahnya seperti Chechnya, rata-rata menganut Mazhab Syafi'i, sama seperti Indonesia.

Wilayah Rusia yang mayoritas Muslim di antaranya: Dagestan, Chechnya, Ingushetia, Kabardino-Balkaria, dan Karachay-Cherkessia. Beberapa kota besar di Rusia juga banyak dihuni umat muslim seperti Moskow dan St Petersburg.

Pada era 1990-an, populasi muslim di Rusia kian berkembang. Di ibu kota Rusia, jumlah pemeluk Islam mencapai jutaan orang. Menurut satu sumber, terdapat 9.000 masjid di Rusia. Adapun populasi Muslim di Rusia sekitar 14-20 juta orang atau 10-14 persen dari total populasi Rusia yang berjumlah 146,8 juta pada 2018. Saat ini, muslim Rusia merupakan yang terbesar di Eropa.

Dagestan merupakan satu dari 22 republik di Rusia yang berpenduduk mayoritas muslim (sekitar 90,6 persen). Di republik inilah petarung UFC Khabib Nurmagomedov dilahirkan.

Berikut 3 Ulama terkenal yang berpengaruh di Rusia dikutip dari berbagai sumber:

1. Syekh Rawil Gaynutdin
Terbesar di Eropa, Ini 3 Ulama Berpengaruh di Rusia

Syekh Rawil Gaynudin atau nama lahirnya Ravil Ismagilovich Gaynutdinov adalah Ketua Dewan Mufti Rusia. beliau lahir lahir pada 25 Agustus 1959 di Kampung Shali, Daerah Pestrechinsky, Tatar, Kesatuan Soviet. Beliau berkhidmat sebagai Mufti Besar Rusia sejak 1 Julai 1996.

Mufti Syekh Rawil Gaynutdin merupakan cendekiawan Muslim yang berbasis di Moskow. Di antara berbagai peran akademis, beliau adalah Grand Mufti Rusia dan Ketua Persatuan Mufti Rusia. Beliau merupakan satu-satunya tokoh penting dalam skema Islam Rusia.

Sebagai anggota Dewan Presiden Rusia untuk Koordinasi dengan Organisasi Keagamaan, beliau adalah tokoh kunci dalam hubungan antara Kremlin dan populasi Muslim Rusia.

2. Syekh Ahmad Afandi Abdulaev
Terbesar di Eropa, Ini 3 Ulama Berpengaruh di Rusia

Beliau lahir 15 September 1959 di Republik Sosialis Soviet Otonom Dagestan, di Desa Inkho, Daerah Gumbetovsky. Syekh Ahmad Afandi adalah seorang ulama dan Mufti Dagestan. Beliau juga Guru Tarekat Naqsyabandiyah dan Syazaliyah dan salah satu pemimpin spiritual Muslim Dagestan.

Keluarganya mempraktikkan agama Islam, bahkan selama masa Soviet ketika orang-orang beragama secara resmi dilarang. Syekh Ahmad Afandi adalah cucu sufi terkenal Naqshbandiyah dan Shazaliyah, Abdulhamid Afandi.

Pada tahun 1991, Ahmad-Haji menjadi Imam di sebuah Masjid di Daerah Kizilyurt. Pada 2013, Beliau Mufti menerima status kehormatan sebagai Penjaga Relik (peningalan) Suci Nabi Muhammad, dan juga relik itu sendiri, termasuk rambut Nabi dan peningalan lain yang diberkati.

3. Syekh Talgat Safa Tajuddin
Terbesar di Eropa, Ini 3 Ulama Berpengaruh di Rusia

Ulama besar Rusia lainnya adalah Syekh Talgat Safa Tajuddin (Talgat Safich Tadzhuddin). Beliau lahir 12 Oktober 1948 di Kazan dari keluarga Tatar. Beliau seorang Syekh Islam di Rusia dan Ketua Mufti Rusia dan kepala Direktorat Spiritual Muslim Pusat Rusia, Tahun 1992 hingga akhir 2015.

Syekh Tajuddin pernah menimba ilmu di Al-Azhar Kairo pada tahun 1978. Pada tahun 1973 terpilih sebagai imam khatib kedua dari Masjid Märcani yang bersejarah di Kazan.

Pada 19 Juni 1980 diangkat sebagai Mufti dan ketua Direktorat Spiritual Muslim Bagian Eropa Uni Soviet dan Siberia (DUMES), salah satu dari empat direktorat di Uni Soviet saat itu. Pada Februari 2006, Syekh Tajuddin memprotes rencana parade kebanggaan gay di Moskow. Dia mendesak Muslim Rusia untuk melakukan aksi protes terhadap parade tersebut.

Selain tiga tokoh ulama di atas, masih banyak ulama lainnya yang berpengaruh di Rusia. Di antaranya, ulama kontemporer Valiulla Makhmutovich Yakupov (4 September 1963-19 Juli 2012). Beliau seorang ulama terkemuka di Tatarstan Rusia dan wakil kepala mufti provinsi Muslim.

Valiulla Makhmutovich Yakupov dikenal sebagai pengkritik keras organisasi Islam radikal. Kemudian ada sosok ulama bernama Syekh Damir Gizatulli, Wakil Ketua Mejelis Muslim Federasi Rusia.

Baca Juga: Temui Ulama Rusia, Menlu RI Gaungkan Islam yang Damai
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)