Doa Ketika Perang yang Pernah Dibaca Rasulullah SAW

Jum'at, 04 Maret 2022 - 23:54 WIB
loading...
Doa Ketika Perang yang Pernah Dibaca Rasulullah SAW
Doa ketika perang ini dapat diamalkan agar mendapat pertolongan Allah Taala. Foto/ist
A A A
Doa ketika perang pernah dibaca Rasulullah SAW saat umat muslim diserang oleh orang-orang kafir Quraisy. Doa ini tidak bermaksud mengajarkan perang karena Islam adalah agama yang damai.

Akan tetapi, dalam situasi perang, doa ini dapat dibaca kaum muslimin sebagai bentuk tawakkal dan perlindungan kepada Allah dari serangan musuh. Doa ketika perang yang dibaca Rasulullah SAW ini merupakan bagian dari zikir dan semangat menegakkan Tauhid.

Berikut doanya:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Hasbunallah wa Ni’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’mannashiir.

Artinya: "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung."

Doa ini berkaitan dengan sikap Musyrikin Makkah yang secara represif menyerang kaum Muslimin di zaman Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Doa حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ (cukuplah Allah jadi penolong bagi kami) juga pernah diucapkan Nabi Ibrahim ketika dilemparkan ke dalam kobaran api oleh Raja Namrud yang zalim.

Imam An-Nasa'i menyebutkan doa ini dalam kitabnya pada "Bab Doa" yang diucapkan ketika takut dengan sekelompok orang. Imam Ibnul Qayyim juga menyebutkan doa ini dalam kitabnya Al Wabil Ash Shayyib, dalam judul: "Dzikir yang diucapkan ketika menghadapi musuh, atau khawatir terhadap penguasa atau siapa pun."

Doa lain yang pernah dibaca Rasulullah SAW yaitu saat Perang Badar melawan kafir Quraisy. Malam sebelum pertempuran, Rasulullah mengangkat kedua tangan beliau, sembari berdoa kepada Allah:

يَا رَبِّ إِنْ تُهْلِكْ هَذِهِ الْعِصَابَةَ، فَلَنْ تُعْبَدَ فِي الْأَرْضِ أَبَدًا

Yaa Rabbi in tuhlika hadzihil 'ishbata falan tu'bada fil ardhi abadaa.

Artinya: "Ya Tuhanku, jika golongan ini binasa, maka Engkau tidak akan disembah lagi di muka bumi ini untuk selama-lamanya."

Dalam riwayat lain disebutkan:

اللَّهُمَّ أَنْشُدُكَ عَهدك وَوَعْدَكَ، اللَّهُمَّ إِنْ شِئْتَ لَمْ تُعْبَد

Allahumma Ansyuduka 'ahdika wawa'daka Allahumma in syi'ta lam tu'bad

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu ketetapan dan janji-Mu. Ya Allah jika Engkau menghendaki, niscaya Engkau tidak akan disembah."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2528 seconds (0.1#10.140)