Inilah Kenikmatan Penyebab Penyakit Sombong Menurut Imam Al Ghazali

Selasa, 08 Maret 2022 - 19:12 WIB
loading...
A A A
Ketika seseorang sudah memiki rasa sombong, maka orang tersebut akan selalu bertindak sesuai hawa nafsunya tanpa memikirkan sekitar dan akibat yang akan terjadi setelahnya. Sikap seperti ini berakibat akan rasa tinggi hati dan selalu merasa lapar untuk berbuat sesuatu yang mampu membuat dirinya puas dan bangga.

Dalam keadaan seperti itu, mereka akan cenderung berbuat serakah dan mudah dihasut oleh setan dan iblis sehingga yang mereka lakukan tak lain hanyalah maksiat semata. Kesombongan hanya akan membawa kita pada kehancuran. Kita harus belajar dari kisah iblis yang terusir dari surga karena sikap sombongnya yang merasa lebih hebat dari Nabi Adam.

Allah berfirman,

قَالَ فَٱهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَن تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَٱخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ ٱلصَّٰغِرِينَ


“Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina.” (QS Al-A’raf: 13).

Seorang mukmin sudah seharusnya membenamkan sifat sombong dan angkuh. Kita harus merendahkan hati agar tak dibenci Allah. Orang mukmin adalah mereka yang selalu rendah hati dan menghargai manusia lainnya.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)