Pintu-pintu Rezeki Manusia yang Allah Berikan

Jum'at, 11 Maret 2022 - 08:56 WIB
loading...
Pintu-pintu Rezeki Manusia yang Allah Berikan
Rezeki merupakan hak dan wewenang Allah Taala, dan jika Allah Taala berkehendak, maka Ia akan memberikan rezekinya pada kita dari berbagai arah yang tak kita duga. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Dalam Islam, rezeki merupakan hak dan wewenang Allah Ta'ala. Jika Allah Ta'ala berkehendak, maka Ia akan memberikan rezekinya pada kita dari berbagai arah yang tak kita duga. Di antara yang mendatangkan rezeki adalah shalat wajib yang lima waktu, ini adalah paling utama. Perbaiki dan selalu perbaiki hubungan kita dengan Allah. Karena Allah-lah Sang Maha Pemberi Rezeki.

Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya,” (QS ath-Thalaq: 2-3).



Nabi Shallalahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang,” (Riwayat Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab r.a.).

Pengasuh kajian sunnah, Ustad M. Zainuddin mengatakan ada beberapa pintu rezeki yang diturunkan Allah Ta'ala kepada hambaNya.

1. Rezeki yang telah dijamin.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا


"dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi, melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya."
(QS. Hud : 6)

2. Rezeki karena usaha

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَىٰ


"...dan tidaklah manusia memperoleh kecuali apa yang telah diusahakannya."
(QS. An-Najm : 39)

3. Rezeki karena bersyukur.

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ


"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu."
(QS. Ibrahim : 7)

4. Rezeki tak terduga.

[ۚarabOpen]وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ


"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."
(QS. At-Thalaq : 2-3)

5. Rezeki karena istighfar.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا * وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا


"Maka aku berkata (kepada mereka), “ Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”
(QS. Nuh : 10-12).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3743 seconds (0.1#10.140)