Muslim Harus Tahu Ini 10 Dalil Tentang Puasa

Minggu, 27 Maret 2022 - 22:29 WIB
loading...
Muslim Harus Tahu Ini 10 Dalil Tentang Puasa
Ilmu tentang puasa sangat penting diketahui kaum muslimin agar ibadah Ramadhan tahun ini bernilai di sisi Allah. Foto/dok SINDOnews
A A A
Dalil tentang puasa perlu diketahui kaum muslimin sebelum memasuki bulan Ramadhan. Pengetahuan tentang puasa ini sangat penting agar ibadah kita bernilai di sisi Allah.

Definisi puasa secara bahasa disebut dengan "Ash-Shoum" yang maknanya adalah menahan. Sedangkan secara istilah syar'i, puasa adalah menahan diri secara khusus dari hal yang khusus yang dikerjakan di waktu yang khusus oleh orang tertentu. (Imam an-Nawawi (wafat 676 H) dalam Kitab Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab)



Menurut Pengajar Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Muhammad Ajib, ada banyak dalil yang berkaitan dengan masalah puasa baik yang bersumber dari Al-Qur'an maupun Hadis Nabi. Berikut 10 Dalil yang berkaitan dengan puasa dikutip dari bukunya "Fiqih Puasa Mazhab Syafi'i".

1. Kewajiban Berpuasa Ramadhan
Allah Ta'ala berfirman mengenai puasa Ramadhan :

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ

Artinya: "Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaiman telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa." (QS Al-Baqarah: Ayat 183)

2. Salah Satu Rukun Islam
Di dalam hadis disebutkan tentang perintah menunaikan puasa Ramadhan. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda yang artinya: "Islam dibangun atas lima, syahadat bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa Ramadhan." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

3. Hadis Kewajiban Berpuasa
Hadis lain menyebutkan tentang keutamaan puasa di antaranya, dari Thalhah bin Ubaidillah RA bahwa seseorang datang kepada Nabi dan bertanya: "Ya Rasulullah SAW, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?" Beliau menjawab, "Puasa Ramadhan". "Apakah ada lagi selain itu?". Beliau menjawab, "Tidak, kecuali puasa sunnah". (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4. Keutamaan Puasa Ramadhan
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi bersabda: "Ketika datang (bulan) Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu". (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

5. Keutamaan Puasa Nabi Dawud
Selain itu, ada hadis lain menyebutkan keutamaan puasa Nabi Dawud 'alaihissalam. Dari Abdullah bin Amru radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sholat (sunnah) yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat (seperti) Nabi Dawud. Dan puasa (sunnah) yang paling dicintai Allah adalah puasa (seperti) Nabi Dawud. Beliau tidur separuh malam, lalu salat sepertiganya dan tidur seperenamnya lagi. Beliau puasa sehari dan berbuka sehari." (HR. Al-Bukhari)

6. Keutamaan Puasa Asyura
Hadis lain menyebutkan tentang puasa Asyura. Dari Ibnu Abbas, ia berkata: "Ketika Rasulullah SAW tiba di Kota Madinah dan melihat orang-orang Yahudi sedang melaksanakan puasa Assyura, beliau pun bertanya, "Apa ini?". Mereka menjawab: "Ini hari baik, hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka lalu Musa shaum (berpuasa) pada hari itu. Maka Rasulullah SAW menjawab: "Aku lebih berhak terhadap Musa dari kalian, maka beliau shaum pada hari itu dan memerintahkan untuk melaksanakan shaum tersebut". (HR. Al-Bukhari)

7. Puasa Arafah
Ada juga hadis menyebutkan puasa Arafah. Dari Abi Qatadah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun, yaitu tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. Puasa Asyura' menghapuskan dosa tahun sebelumnya". (HR Jamaah kecuali Al-Bukhari dan Tirmizy)

8. Keutamaan Puasa Syawal
Keutamaan puasa Syawwal disebutkan dalam Hadis dari Ayyub Al-Anshari RA. Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang puasa Ramadhan lalu dilanjutkan dengan puasa 6 hari dari bulan Syawwal, maka seperti orang yang berpuasa setahun". (HR. Muslim).

9. Puasa Ayyamul Bidh
Selanjutnya hadis lain menyebutkan puasa Ayyamul Bidh. Dari Abu Zar Al-Ghifari RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Wahai Aba Dzar, bila kamu hendak puasa tiga hari dalam sebulan, maka puasalah pada tanggal 13, 14 dan 15. (HR. An-Nasai, At-Tirmizy dan Ibnu Hibban).

10. Kebiasaan Nabi Berpuasa di Bulan Syaban
Hadis tentang kebiasaan Nabi berpuasa di bulan Sya'ban diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah ia berkata: "Saya tidak melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasanya, kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tidak melihat dalam satu bulan yang lebih banyak puasanya kecuali pada bulan Sya'ban". (HR Muslim)

Demikian 10 Dalil yang berkaitan dengan puasa. Sebenarnya masih banyak Hadis Nabi yang menerangkan tentang ibadah puasa. Mudah-mudahan dengan mengetahui 10 dalil di atas, kita lebih bersemangat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)