Kisah Imam Al-Ghazali Mendapat Pencerahan Spritual dari Tukang Sol Sepatu

Selasa, 29 Maret 2022 - 15:33 WIB
loading...
A A A
Namun, ketika Imam Al-Ghazali hendak akan mulai melaksanakan perintah Syekh tersebut, Syekh langsung mencegahnya dan memerintahkan agar pulang.

Ada riwayat lain, sang guru memerintahkan Imam al-Ghazali menyapu di pasar tanpa menanggalkan baju kebesaran keulamaannya. Imam al-Ghazali secara ikhlas melaksanakan perintah gurunya itu agar dapat mengikis perasaan tinggi "memiliki perasaan berilmu".

Atas kemampuan Imam Al-Ghazali mengikis serta membuang jauh-jauh sifat ketinggian itulah, lantas kemudian Allah pancarkan di dalam hatinya, Nur Makrifatullah. Allah Swt telah memberikan Ilmu Laduni atau ilmu Kasyaf yang diperoleh dari tasawuf atau kebersihan qalbu kepadanya.

Demikian setelah Imam Al-Ghazali pulang dan setibanya di rumah beliau merasakan mendapat ilmu pengetahuan luar biasa. Dalam beberapa kasus terbukanya pintu kewalian dalam beberapa kisah Manaqib Al-Awliya ada diantara mereka yang justru memperoleh pengalaman rohani Makrifatullah setelah berjumpa dan berguru dengan orang-orang yang nampak "Ummi", namun mereka memiliki kebersihan hati dan jiwa.

Pesannya bagi kita orang awam yang tidak memahami rahasia-rahasia jalan kewalian, memang ada baiknya tidak perlu ikut-ikutan terjebak pada ikhtilaf dan syubhat (samar kebenarannya) serta perdebatan diantara para ulama dalam menghukumnya suatu perkara yang mereka pakarnya di bidang itu.

Dan keluhuran sikap orang-orang berilmu menyikapi berbagai fitnah dan persoalan dalam agama ini, bukan dengan bully, makian dan caci maki, apalagi dengan terus mencari-cari kesalahan orang yang tidak sepaham dan sealiran dengannya.

Memang bagi kita, tidak ada salahnya jika bersikap arif dan bijaksana untuk tidak mudah berburuk sangka selama mereka tidak melakukan pelanggaran syariat, sembari memohon ditunjukkan kebenaran agar kita tidak terjerumus pada sikap yang justru memusuhi para wali Allah itu sendiri.

Allahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)