Fadhilah Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui Seorang Muslim

Rabu, 30 Maret 2022 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Khusus selama bulan Ramadhan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu agar tidak mengganggu umat manusia dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan demikian musuh manusia di bulan Ramadhan hanyalah hawa nafsunya saja. Hal ini disebutkan dalam hadis Rasullullah Shallallahu alaihi wa sallam berikut:

ذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِحَتْ أبْوَابُ السَّمَاءِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِيْنُ.


‘Jika bulan Ramadhan telah masuk, maka pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu Jahannam akan ditutup dan syaitan-syaitan pun dibelenggu. (hadis riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu)

6. Doa-doa akan dikabulkan

Orang-orang yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan, doa-doa yang mereka panjatkan akan senantiasa dikabulkan oleh Allah Ta'ala. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT:

إِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ


Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwa-sanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (QS Al Baqarah 186)

Begitu juga hadis Rasullullah Shallallahu alaihi wa sallam yang menyebutkan bahwa :

“Ada tiga orang yang tidak ditolak do’a mereka: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan do’anya orang yang teraniaya. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majjah)

7. Dijauhkan dari api neraka

Allah menjanjikan bahwa orang yang menunaikan ibadah puasa Ramadhan dengan segenap hati dan menjaga ibadahnya akan dijauhkan dari pai neraka. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Said RA bahwasanya Rasullullah SAW bersabda :

“ Tidak seorang yang berpuasa sehari saja karena Allah melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka jarak 70 tahun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian puasa Ramadhan dan fadhilahnya yang perlu kita ketahui agar kita senantiasa bersemangat dalam menjalankan puasa khususnya di bulan Ramadhan nanti.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2684 seconds (0.1#10.140)