Jadwal Imsak Jakarta dan Jadwal Sholat, 2 April 2022

Sabtu, 02 April 2022 - 02:30 WIB
loading...
Jadwal Imsak Jakarta dan Jadwal Sholat, 2 April 2022
Bagi yang melaksanakan puasa Ramadhan, berikut jadwal imsak dan sholat hari ini, 2 April 2022. Foto ilustrasi/ist
A A A
Untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, jadwal imsak dan sholat ini berlaku untuk tanggal 2 April 2022. Warga Jakarta dan sekitarnya, dapat menggunakan jadwal imsak dan jadwal sholat ini sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Jadwal Sholat April 2022 untuk Jakarta dan Sekitarnya

Ustadz Adi Hidayat: Bolehkah Makan dan Minum Ketika Imsak?

Saat makan sahur dan adzan Subuh ada waktu yang dinamakan Imsak. Waktu di saat Imsak ini sangat krusial. Bahkan ada yang beranggapan bahwa Imsak adalah batas seseorang tidak boleh makan dan minum saat akan berpuasa. Sesungguhnya, bolehkah kita makan dan minum ketika imsak? Dalam salah satu kajian Ustadz Adi Hidayat mengatakan, istilah Imsak sendiri hanya populer Indonesia dan Malaysia.

Imsak sendiri secara bahas berarti menahan. Maka secara bahasa, imsak sendiri berarti puasa itu sendiri. Sehingga jika kita artikan secara bahasa, maka jika sudah waktu imsak berarti kita tidak boleh makan dan minum lagi.

Namun secara istilah, imsak adalah istilah yang menunjukkan beberapa menit sebelum waktu subuh yang dijadikan waktu untuk persiapan sholat subuh. MUI menyepakati waktu imsak adalah 10 menit sebelum waktu subuh.

Maka, jika kita melihat imsak dari segi istilah yang populer di Indonesia, maka kita masih boleh makan dan minum di waktu imsak. Asal kita menyelesaikan makan dan minum sebelum adzan subuh berkumandang.

Jadi, waktu imsak yang populer di Indonesia hanyalah sebatas waktu persiapan untuk sholat subuh dan waktu peringatan agar kita segera menyelesaikan sahur. Sehingga kita tidak kaget jika tiba-tiba adzan subuh berkumandang yang membuat kita kaget, apalagi jika kita masih menelan makanan ketika adzan subuh berkumandang.

Berikut jadwal imsak Jakarta tanggal 2 April 2022. Kami lampirkan juga jadwal sholat Jakarta untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sebagai berikut:.

Imsak : 04.37 WIB

Subuh : 04.47 WIB

Dzuhur : 11.58 WIB

Ashar : 15.14 WIB

Maghrib : 17.59 WIB

Isya : 19.08 WIB

Jadwal imsak Jakarta dan sekitarnya bisa dijadikan patokan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Jadwal imsak Jakarta dan sekitarnya juga bisa dijadikan patokan untuk warga luar Jakarta yang sedang berada di Jakarta di bulan Ramadhan sehingga bisa menyesuaikan diri.

Yang pasti, kita harus mempersiapkan Ramadhan sebaik mungkin. Mulai dari persiapan mental, fisik, finansial, hingga ilmu agar kita bisa meraih pahala yang maksimal di bulan Ramadhan. Semoga puasa kita diterima Allah SWT dan kita mendapatkan pahala yang maksimal di bulan Ramadhan 1433 H ini. Aamiin.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2653 seconds (0.1#10.140)