Baca Al-Kahfi Diterangi Cahaya di Antara 2 Jumat, Begini Maksudnya

Jum'at, 08 April 2022 - 04:01 WIB
loading...
Baca Al-Kahfi Diterangi Cahaya di Antara 2 Jumat, Begini Maksudnya
Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka ia akan diterangi cahaya di antara dua Jumat. Foto/dok media islamik
A A A
Salah satu amalan yang dianjurkan pada malam dan hari Jumat selain memperbanyak sholawat yaitu membaca Surat Al-Kahfi, surat ke-18 dalam Al-Qur'an.

Surat yang terdiri dari 110 ayat ini bercerita tentang kisah Ashabul Kahfi (penghuni gua); kisah pemilik kebun; kisah pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidir 'alaihissalam; kisah Raja Dzulqarnain dan Ya'juj Ma'juj.



Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi diterangkan dalam Hadis berikut:

إِنَّ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Sesungguhnya barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, ia akan diterangi dengan cahaya di antara dua Jumat." (HR Al-Hakim 3392, Al-Baihaqi 5996)

Riwayat lain diterangkan: "Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi saat malam Jumat, dipancarkan cahaya untuk dia sejauh pada dianya dia serta Baitul 'Atiq." (Sunan Ad-Darimi 3273)

Hadis-hadis keutamaan membaca Al-Kahfi sangat populer dan semua ulama sepakat tentang kesahihannya. Nabi Muhammad SAW berkata, Surat Al-Kahfi akan menjadi cahaya bagi pembacanya sampai Jumat berikutnya.

Ustazah Halimah Alaydrus dalam satu kajiannya menjelaskan makna cahaya di antara dua Jumat. Artinya,
Semua gua gelap kecuali guanya Al-Kahfi, gua yang paling bercahaya. Cahayanya cukup bagimu ketika membaca surat itu sampai ke Jumat berikutnya.

Apa arti cahaya tersebut? Ia akan menerangi ruang hati pembacanya sampai Jumat berikutnya sehingga menjadi orang-orang yang tahu apa yang harus dikerjakan.

Orang tersebut menjadi kelihatan bercahaya bagi pandangan Malaikat. Karena rumah yang dibacakan Al-Qur'an tampak terang bagi penghuni langit seperti terangnya bintang pada waktu malam.

Faedah cahaya yang tampak pada Malaikat itu maksudnya jika dalam minggu tersebut kita ada berbuat maksiat, maka cahaya itu akan membuat Malaikat beristighfar untukmu. Cahaya itu akan menjadi pemandu Malaikat rahmat mengiringi langkah-langkah hidupmu.

Kalau dalam seminggu kita dalam keadaan bercahaya, lalu kita meninggal dunia, maka jutaan Malaikat akan beristighfar. Para Malaikat mengiringmu disebabkan adanya cahaya tersebut.

Demikian maksud fadhilah cahaya bagi orang yang membaca Al-Kahfi. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu menghidupkan Surat Al-Kahfi.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)