Jadwal Buka Puasa Jakarta Hari Ini 8 April 2022

Jum'at, 08 April 2022 - 15:01 WIB
loading...
Jadwal Buka Puasa Jakarta Hari Ini 8 April 2022
Rasulullah biasanya berbuka puasa dengan ruthab (kurma segar) sebelum sholat. Jika beliau tidak punya ruthab, maka dengan tamr (kurma kering). Foto/dok m5zn.com
A A A
Jadwal buka puasa untuk Jakarta dan sekitarnya ini berlaku untuk hari ini Jumat, 8 April 2022 (6 Ramadhan 1443 Hijriyah). Warga Jakarta dan sekitarnya bisa menggunakan jadwal imsak sebagai patokan untuk mengatur jadwal buka puasa Ramadhan.

Dalam Hadis Nabi diterangkan: "Bagi orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu Rabb-Nya." (HR Al-Bukhari 1904, Muslim 1151)

Nabi juga bersabda: "Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Ibnu Majah)

Ketika berbuka, biasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma segar) sebelum sholat. Jika beliau tidak punya ruthab, maka dengan tamr (kurma kering), jika beliau tidak punya tamr, maka dengan beberapa teguk air.

Bolehkah Makan Gorengan Saat Berbuka Puasa?
Pertanyaan itu banyak ditanyakan masyarakat Indonesia yang suka menyantap gorengan saat berbuka puasa. Dokter Jati Satriyo, Tim Humanity Medical Service Aksi Cepat Tanggap (ACT), mengatakan, kandungan dalam satu potong gorengan bermacam-macam. Ada yang mengandung 100 hingga 200 kalori.

Kandungan ini setara dengan dua lembar roti gandum dan 2-3 kali kandungan sayuran yang lebih sehat dan mengenyangkan. Berbagai riset telah menyebutkan, jika kita terlalu banyak makan gorengan akan berefek terhadap kesehatan badan.

Sebagai contoh bisa membuat obesitas, meningkatkan resiko penyakit yang terkait organ jantung, meningkatkan risiko terkena diabetes, memperbesar risiko terkena kanker, dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi.

Sementara Dokter spesialis gizi Raissa E Djuanda mengatakan kita boleh mengonsumsi gorengan ketika berbuka puasa, dengan catatan kita memperkirakan jumlah konsumsi minyak goreng harian. Batas maksimum manusia mengonsumsi makanan yang digoreng pada sehari tidak boleh melebihi 5 sendok makan.

Beliau menyebutkan, sebelum mengonsumsi gorengan, dr Raissa memberi saran sebaiknya terlebih dulu mengisi energi yang terkuras habis selama sehari penuh berpuasa dengan makanan manis seperti kurma sebanyak 2 hingga 3 butir.

Berikut jadwal buka puasa Jakarta Jumat, 8 April 2022 (6 Ramadhan 1443 Hijriyah):

Imsak : 04.27 WIB
Subuh : 04.37 WIB
Dzuhur : 11.55 WIB
Ashar : 15.12 WIB
Maghrib (Buka Puasa) : 17.55 WIB
Isya : 19.04 WIB

Jadwal Buka Puasa Jakarta Berlaku untuk Siapa Saja?
Jadwal buka puasa Jakarta dan sekitarnya bisa dijadikan patokan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Jadwal Buka Puasa Jakarta dan sekitarnya juga bisa dijadikan untuk warga pendatang yang sedang berada di ibukota Jakarta sehingga bisa menyesuaikan diri.

Yang pasti, kita harus mempersiapkan Ramadhan sebaik mungkin. Mulai dari persiapan mental, fisik, finansial, hingga ilmu agar kita bisa meraih pahala yang maksimal di bulan Ramadhan. Salah satunya dengan mengatur jadwal buka puasa dan jadwal sholat selama bulan Ramadhan agar teratur dan tidak membuat kita kaget.

Semoga puasa kita diterima Allah dan mendapatkan pahala yang maksimal di bulan Ramadhan 1443 H ini. Semoga jadwal buka puasa dan sholat untuk wilayah Jakarta di atas bisa bermanfaat untuk banyak orang.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2818 seconds (0.1#10.140)