Pakaian yang Disukai Rasulullah SAW

Kamis, 18 Juni 2020 - 16:15 WIB
loading...
Pakaian yang Disukai Rasulullah SAW
Salah satu peninggalan pakaian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Pakaian yang paling disukai Rasulullah adalah gamis berwarna putih. Foto/Istimewa
A A A
Banyak riwayat menceritakan kepribadian dan budi pekerti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) yangsangat menakjubkan. Salah satunya terdapat dalam Kitab Asy-Syamail Imam At-Tirmidzi. Kali ini kita akan mengulas bagaimana pakaian baginda Rasulullah SAW .

Dalam riwayat yang bersumber dari Ummu Salamah RA disebutkan, "Pakaian yang paling disenangi Rasulullah SAW adalah Gamis". Ummu Salamah adalah Ummul Mu'minin Hindun binti Mughirah al Makhzumiyah. ( )

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, "Sesungguhnya Nabi SAW keluar (dari rumahnya) dengan bertelekan kepada Usamah bin Zaid. Beliau memakai pakaian Qithri yang diselempangkan di atas bahunya, kemudian beliau salat bersama mereka". Qithri adalah sejenis kain yang terbuat dari katun yang kasar. Kain ini berasal dari Bahrain tepatnya dari Qathar.

Dari riwayat Anas bin Malik juga mengemukakan: "Pakaian yang paling disenangi Rasulullah SAW ialah kain Hibarah". Kain Hibarah ialah kain keluaran Yaman yang terbuat dari katun.

Rasulullah SAW bersabda: "Hendaklah kalian berpakaian putih, untuk dipakai sewaktu hidup. Dan jadikanlah ia kain kafan kalian sewaktu kalian mati. Sebab kain putih itu sebaik- baik pakaian bagi kalian". (Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, dari Basyar bin al Mufadhal, dari Utsman Ibnu Khaitsam, dari Sa’id bin Jubeir, yang bersumber dari Ibnu Abbas RA)

Rasulullah SAW juga bersabda: "Pakailah pakaian putih, karena ia lebih suci dan lebih bagus. Juga kafankanlah ia pada orang yang meninggal diantara kalian". (Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Abdurrahman bin Mahdi, dari Sufyan, dari Habib bin Abi Tsabit, dari Maimun bin Abi Syabib yang bersumber dari Samur bin Jundub RA)

Sorban Rasulullah SAW
Pakaian yang Disukai Rasulullah SAW

Dari Abi Zubair yang bersumber dari Jabir radhiallahu 'anhu, Rasulullah SAW memasuki Kota Makkah pada waktu pembebasan Kota Makkah, beliau memakai sorban hitam. Dalam riwayat lain disebut, "Sesungguhnya Nabi SAW berkhutbah di hadapan umat, beliau memakai sorban hitam". ( )

Khuf Rasulullah SAW
Sesungguhnya raja An-Najasyi menghadiahkan sepasang khuf hitam pekat kepada Nabi SAW lalu Beliau memakainya dan kemudian ia berwudhu dengan (hanya) menyapu keduanya (yakni tidak membasuh kaki)". (Riwayat yang bersumber dari Buraidah RA). An-Najasyi adalah gelar raja-raja di Abesina (Habsyi), sekarang dikenal Ethiopia.

Khuf ialah sejenis kaos kaki tapi terbuat dari kulit binatang. Khuf dibuat amat tipis dan tingginya menutupi mata kaki. Khuf biasanya hanya digunakan pada musim dingin untuk mencegah agar kulit kaki tidak pecah-pecah.

Biasanya, orang memakai khuf ketika musafir di musim dingin dan masih memakai sepatu luar lagi. Sepatu ini namanya "jurmuq". Para Ulama Indonesia sering menggunakan istilah Mujah untuk terjemahan khuf. Tapi kadangkadang diterjemahkan juga dengan "sepatu khuf".

Sandal Rasulullah SAW
Pakaian yang Disukai Rasulullah SAW

Seperti apakah bentuksandal Rasulullah SAW ? Sayyidina Anas RA menjawab: "Kedua belahnya mempunyai tali qibal". (Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Abu Daud at Thayalisi, dari Hamman yang bersumber dari Qatadah). Tali qibal adalah tali sandal yang bersatu pada bagian mukanya dan terjepit di antara dua jari kaki.

Dari Abu Hurairah RA, Beliau SAW bersabda: "Janganlah di antara kalian berjalan dengan sandal sebelah. Hendaklah memakai keduanya". (Baca Juga: Biografi Nabi Muhammad, Manusia Teragung Sepanjang Masa)

Sesungguhnya Nabi SAW melarang seorang laki-laki makan dengan tangan kiri dan berjalan dengan sandal sebelah. Riwayat lain, "Sesungguhnya Nabi SAW bersabda: "Bila salah seorang di antara kalian hendak memakai sandal hendaklah ia memulainya dari yang sebelah kanan. Dan bila ia melepasnya, maka hendaklah dimulai dari yang sebelah kiri. Hendaklah posisi kanan dijadikan yang pertama kali dipasangi sandal dan yang terakhir kali dilepas". (Riwayat yang bersumber dari Abu Hurairah RA).(Baca Juga: JK: Museum Rasulullah Terbesar di Depok Jadi Ikon Baru Wisata Religius)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2733 seconds (0.1#10.140)