Doa Agar Tidak Stres Menghadapi Tekanan dan Kesulitan

Kamis, 18 Juni 2020 - 17:16 WIB
loading...
Doa Agar Tidak Stres Menghadapi Tekanan dan Kesulitan
Manusia pada hakikatnya adalah makhluk lemah sehingga ia butuh pertolongan Zat Yang Maha Kuasa, Allah Azza wa Jalla. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
Ketakutan, kelaparan maupun kesedihan merupakan sunnatullah sebagaimana firman Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an . Apalagi di tengah pandemi saat ini, hampir semua orang merasakan tekanan dan tak sedikit yang mengalami stres.

Allah Ta'ala berfirman: "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar". (Surah Al-Baqarah Ayat 155).( )

Manusia pada hakikatnya adalah makhluk lemah sehingga ia butuh pertolongan Zat Yang Maha Kuasa, Allah 'Azza wa Jalla. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) agar tidak stres menghadapi tekanan dan kesulitan hidup. ( )

1. Tidaklah seorang mengucapkan doa ini melainkan Allah akan hilangkan kesedihannya, dan akan jadikan kebahagiaan untuknya.
اللهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

"Ya Allah , sesungguhnya diri ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba laki-laki Mu, dan anak dari hamba perempuan-Mu, Ubun-ubunku berada dalam genggaman-Mu, Hukum-Mu telah berjalan, dan keputusan-Mu merupakan keputusan yang adil, Aku memohon dengan seluruh nama-nama-Mu, yang engkau namai diri-Mu, atau nama yang engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau telah engkau ajarkan kepada seseorang dari hamba-Mu, atau nama yang masih engkau simpan disisi-Mu, jadikan Al-Qur'an sebagi penentram jiwaku, cahaya hatiku, pelenyap duka dan lara ku".

2. Doa ini sering dibaca Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan dalam Shahih Al-Bukhari.
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ، وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari gundah gulana dan kesedihan, begitu juga dari kelemahan dan kemalasan, kekikiran, sifat penakut, lilitan utang dan penindasan.

3. Rasulullah SAW ketika ditimpa kesusahan yang hebat, beliau membaca doa ini sebagaimana diketengahkan dalam shahih Al-Bukhari.
لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

Tidak ada Rabb yang berhak disembah selain Allah, yang Maha Agung, Maha Penyantun, Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah, Penguasa 'Arsy yang Agung, Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah, Rabb langit dan bumi serta Rabb 'Arsy Yang Mulia.

4. Jika ditimpa berbagai masalah, gundah gulana, kesedihan, Nabi mengajarkan doa ini sebagaimana diriwayatkan Imam Abu Dawud.
اللهُمَّ رحْمتَك أرجُو، فلا تكلْنِي إلى نَفْسي طرْفَةَ عَينٍ، وأصلحْ لي شأنيكُلَّهُ، لا إلهَ إلا أنتَ

Ya Allah ya Rabbku, aku berharap Rahmat-Mu, janganlah Engkau serahkan urusanku kepada diriku sendiri, janganlah Engkau berpaling dari ku walaupun hanya sekejap mata, perbaikilah semua urusanku, tidak ada Rabb yang berhak disembah melainkan Engkau semata.

Demikian beberapa doa yang diajarkan Rasulullah SAW . Sebenarnya masih banyak doa agar terhindar dari segala kesulitan dan himpitan hidup. Seperti doa yang dipanjatkan Nabi Yunus 'alaihissalam ketika berada di dalam perut ikan besar. Setelah beliau membaca doa ini, Allah Ta'ala melepaskan kesulitannya.
لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Tidak ada illah yang berhak disembah melainkan Engkau, Maha Suci Engkau (ya Allah) sesungguhnya aku ini termasuk orang yang berbuat aniaya.

(Baca Juga: Doa Agar Tidak Galau dan Berlindung dari Kesedihan)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)