4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Selasa, 19 April 2022 - 00:24 WIB
loading...
4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani. Foto/dok Daarul Quran
A A A
KH Ahmad Kosasih MAg
Pimpinan Dewan Syariah Daarul Qur'an

Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 183, Allah menjelaskan bahwa kewajiban menjalankan puasa Ramadhan bertujuan agar umat Islam menjadi pribadi yang bertakwa. Takwa sering diartikan "menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan seluruh larangan Allah."

Dari pernyataan di atas, dapat diketahui bahwa puasa memiliki manfaat, salah satunya adalah meningkatkan ketakwaan. Namun, hal itu hanya dapat dikategorikan sebagai manfaat nonduniawi atau ukhrawi saja. Seolah dari sini, manfaat puasa tersebut tidak dapat dirasakan secara langsung.


Padahal, ibadah puasa juga memiliki manfaat yang dapat dirasakan secara langsung. Salah satu manfaat berpuasa yang mungkin banyak orang mengetahuinya adalah kesehatan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kesehatan dari ibadah yang termasuk rukun Islam ini.

Dalam aspek kesehatan, sudah banyak buku, jurnal ilmiah, dan literatur lain yang mengungkap manfaat puasa. Puasa ternyata memberi dampak positif kepada tubuh manusia.

Hal ini wajar karena anjuran berpuasa datang dari Tuhan Yang Maha Pencipta, Tuhan dari semua yang ada di seluruh alam semesta. Dia pasti tahu apa yang baik bagi manusia dan apa yang tidak baik untuk manusia. Semuanya telah diatur dan ditentukan-Nya. Semua itu tergantung pada manusia: apakah mau menjalankan perintah-Nya dan mendapatkan manfaat atau meninggalkan perintah-Nya kemudian mendapatkan akibat-Nya.

Adapun manfaat puasa dari segi kesehatan di antaranya:

1. Menurunkan Berat Badan
Puasa membuat manusia memiliki berat badan yang ideal dan proporsional. Puasa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Nantinya, pembakaran kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh menjadi meningkat pula. Inilah yang dapat menjadikan berat badan seseorang menurun. Pada akhirnya, orang yang berpuasa akan memiliki resiko obesitas yang kecil.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Puasa juga dapat menjaga kesehatan jantung seseorang. Beberapa riset telah membuktikan bahwa orang yang rutin berpuasa selama satu bulan cenderung mempunyai resiko yang lebih kecil untuk mengalami penyakit jantung dari pada orang yang tak menjalankan puasa.

Hal ini karena orang yang berpuasa mampu mengatur pola makannya agar menjadi lebih sehat. Hal ini berbeda dengan orang yang tidak puasa yang cenderung sering mengkonsumsi makanan dan minuman hampir setiap saat. Ketika puasa, seseorang akan meminimalisasi asupan makanan dan minuman. Ia hanya akan makan dan minum sesuai dengan kebutuhannya.

3. Meningkatkan Kemampuan Kerja Otak
Ada juga mengatakan bahwa puasa dapat meningkatkan kemampuan kerja otak. Hal ini diduga karena dengan berpuasa seseorang akan memproduksi protein yang dapat mendukung pembentukan dan perkembangan saraf.

Ternyata, selain bermanfaat bagi kesehatan jasmani, berpuasa juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Maka dari itu, umat Islam tidak boleh meninggalkan ibadah yang diwajibkan oleh Allah ini.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kemudian puasa juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Salah satunya ketika seseorang terkena infeksi. Ada baiknya, ketika terinfeksi, seseorang memperbanyak istirahat dan mengurangi porsi kerja organ tubuhnya.

Hal ini bertujuan supaya tubuh dapat bekerja lebih efektif dalam melawan penyebab infeksi. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah dengan berpuasa.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat-manfaat puasa yang dapat dirasakan oleh orang yang menjalaninya. Namun, hal yang mesti diingat oleh setiap muslim dalam menjalankan ibadah puasa adalah niat yang tulus dan ikhlas karena Allah semata, bukan karena hal lain.

Meskipun puasa memiliki manfaat medis yang banyak, namun ibadah ini tetap harus diniatkan karena mencari rida Allah. Insya Allah, dengan meniatkan semua perbuatan hanya karena Allah, bukan hanya rida-Nya yang didapat, namun juga manfaat-manfaat lainnya juga.

Umat Islam juga mesti memperhatikan amalan-amalan yang dianjurkan ketika berpuasa. Salah satu contoh sederhana adalah berbuka dengan yang manis dan tidak berlebihan. Hal ini demi menjadikan amalan puasa di bulan Ramadan menjadi lebih bermakna.

Terakhir, ada satu hadis, meskipun diperdebatkan kesahihannya, yang berkaitan dengan tema tulisan ini. Hadis tersebut menjelaskan bahwa puasa akan mendatangkan kesehatan. Hadis tersebut berbunyi:

صوموا تصحوا

Artinya: "Berpuasalah kamu, maka kamu akan menjadi sehat."

Jadi, benarlah apa yang disampaikan Baginda Nabi bahwa puasa akan mendatangkan kesehatan bagi siapa saja yang menjalaninya dengan baik dan benar. Berpuasa bukan hanya soal menahan makan dan minum semata, namun juga soal mencari rida Allah dan meningkatkan pola hidup sehat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)