Manfaat Puasa Saat Hamil : Sehat dan Bergelimang Pahala

Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
loading...
Manfaat Puasa Saat Hamil : Sehat dan Bergelimang Pahala
Janin yang ada di dalam kandungan juga akan merasakan dari dalam bahwa ibunya sedang menjalankan perintah Allah Taala sehingga diharapkan saat besar nanti janin tersebut tumbuh menjadi seorang muslim yang taat. Foto istimewa
A A A
Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Ta'ala.

Allah Ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". (QS Al-Baqarah : 183).

(Baca juga : Tiga Pendapat Soal Ruhsoh Puasa bagi Perempuan Hamil )

Puasa adalah salah satu kondisi dimana setiap muslim dan mukmin harus menahan lapar serta dahaga dimulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Dari waktu subuh hingga adzan maghrib. Sebenarnya, puasa bukan hanya terlepas dari makanan dan juga minuman, namun lebih dari itu puasa juga bertujuan untuk menahan diri dari segara bentuk amarah, prilaku, maksiat dan beberapa hal lainnya. Maka dari itu, musuh terbesar puasa yang paling berat adalah diri sendiri.

Sebenarnya tidak ada larangan bagi siapa saja yang harus dan ingin menjalankan ibadah puasa, bahkan ibu hamil dan ibu menyusui pun dianjurkan untuk berpuasa. Mungkin ketika muslimah tengah hamil dan harus berpuasa, kondisi ini akan menjadi salah satu tantangan tersendiri. Dengan kondisi yang lemah, seorang ibu hamil harus bisa menahan diri dari rasa haus dan juga lapar.

(Baca juga : Jangan Tinggalkan Amalan Shalawat Umum dan Shalawat Khusus )

Kata Nabi Shallahu 'Alaihi wa Sallam :

صوموا تصحوا

(shumu, tashihhu), "Berpuasalah Niscaya Kamu Akan Sehat".

Hadis ini dari riwayat Imam at-Thabarani dari Abi Hurayrah RA dan Ibn Adiyy dari Sayyidina Ali dan Ibn Abbas RA.

Jalur transmisi atau sanad dan derajat hadis ini masih diperdebatkan. Namun kebenaran bahwa puasa itu menyehatkan sudah dapat dibuktikan secara medis. Artinya, muatan atau isi hadis sudah banyak dibuktikan secara medis. Kalau kita makan tiga kali sehari maka rata-rata tiap delapan jam lambung kita mendapat tugas baru.

(Baca juga : Sehari Tanpa Bershalawat, Muslimin Pasti Merugi )

Termasuk dalam hal ini, seorang muslimah yang sedang hamil, akan mendapat manfaat pahala dan kesehatan saat berpuasa. Karena berpuasa memberikan interval waktu bagi organ-organ pencernaan tersebut untuk merenovasi sel-sel yang rusak dan memberikan kesempatan energi tubuh memenuhi kebutuhan organ-organ lainnya.

Kolumnis kesehatan dr. Yusra Firdaus mengatakan, ibu hamil boleh saja berpuasa saat trimester kedua saat sudah mulai nyaman dengan kondisi kehamilannya. Puasa justru memberikan manfaat tersendiri asalkan dijalankan dengan baik. Jika muslimah mampu menakar dengan optimal nutrisi untuk asupan di tubuhnya saat waktu sahur dan berbuka, maka puasa bisa dilakukan. Terutama saat usia hamil masih muda.

(Baca juga : Tyson: Aku Ingin Anthony Joshua, Aku Pukul KO Dia Ronde 3 )

Dengan nutrisi yang baik, sebenarnya puasa memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh dalam mendetoks tubuh secara alami dan memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk dapat istirahat sejenak.

Pada saat berpuasa, ternyata terjadi keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Asam amino dan zat lainnya akan membantu peremajaan sel. Hal ini tidak terjadi pada kelaparan jangka panjang, berbeda dengan kelaparan, puasa hanyalah beberapa jam saja. Ada pun saat sahur dan buka puasa yang dapat digunakan untuk menyuplai kebutuhan tubuh selama satu hari. Jadi tubuh tidak akan kekurangan nutrisi selama berpuasa.

(Baca juga : Habib Rizieq Ditahan, Tengku Zul: Semua yang Buat Kerumunan Harus Ditangkap )
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)